sejumlah jajaran menteri mencoba kekuatan batu sojol sulawesi

Presiden joko widodo beserta sejumlah menteri mencoba kebenaran kekuatan batu sojol , para sejumlah menteri tersebut adalah diantaranya Kapolri Badrodin Haiti, Menteri Pemuda & Olah Raga Imran Nahrawi, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dan Staf komunikasi presiden Ari Dwipayana

dalam bambar berikut nampak sejumlah menteri mencoba untuk mengangkat Anis Baswedan Menteri pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan setelah merendamkan tangannya di ari rendaman batu sojol tersebut di saat istirahat makan siang di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, 19 September 2015.

Perlu di ketahui bahwa batu Green Sojol ini di percaya dapat memberikan kekuatan bagi siapa yang memakainya atau merendamkan tangannya di air rendaman batu tersebut , batu Sojol ini ditemukan di daerah Pantai Barat wilayah Sojol Kota Palu yang masuk pada Kabupaten Donggala, dan beberapa waktu lalu batu alam ini menjadi perbincangan karena terdapat  warga setempat yang mencoba melakukan demo dengan cara-cara tertentu. Tak heran memang terlebih jika mengingat bahwa hingga saat ini pun sebagian jenis batu alam atau batu akik memang kerap dikait-kaitkan dengan dunia metafisika, maka dari itulah tentunya tak heran jika hingga saat ini pun masih terdapat sebgian orang khususnya pecinta batu akik yang mempercai dan meyakini hal tersebut.

Namun menurut teorinya itu permainan fisika, gak ada hubungannya dengan batu

Orang barat menyebut permainan itu: “LIGHT AS A FEATHER, STIFF AS A BOARD” (artinya: Ringan seperti bulu, kaku seperti papan) atau yang marak sekarang ini dengan cuci tangan sebelumnya dengan air rendaman batu mustika yang dianggap bertuah kemudian melakukan permainan ini.

Namun sebenarnya sains khususnya fisika telah menjelaskan bahwa perpindahan dan gerak dapat berubah dengan titik berat. Dengan mengubah titik berat, maka kita dapat meletakkan benda atau menjatuhkannya. Karena orang yang duduk tetap kaku, maka berat badannya dibagikan secara merata pada  empat orang yang mengangkat. Dengan mengatakan agar semua orang bergerak bersamaan, berat tetap terbagi sama rata, sehingga semua orang mengangkat dengan berat yang sama. Maka jika berat orang yang duduk 40 kg, maka tiap orang akan mengangkat beban sebesar 10 kg.

TEKNIK PERMAINAN

1.Orang yang akan diangkat (korban) duduk di kursi biasa tanpa pegangan dengan keadaan santai, kedua kaki menyentuh tanah, tangan diatas paha atau dilipat di depan dada
2. Orang yang akan mengangkat memposisikan tangannya seperti gambar dibawah.
3.Posisi berdiri ke 4 orang yang akan mengangkat orang tersebut; dua orang disudut belakang dan 2 orang disudut depan. Lihat gambar dibawah.
4. Dua orang meletakkan jarinya dibagian paha korban, dan 2 lainnya dibagian ketiak korban
5.Kemudian 1 orang memberi aba-aba hitungan 1…2…3… Lalu pada saat bersamaan, mulailah mengangkat korban secara perlahan, tanpa hentakan.
6. Jika berhasil, jangan menjatuhkan korban secara mendadak! turunkan secara perlahan.

Dengan kekompakan dan kebersamaan team maka orang tersebut akan terangkat dengan mudah hanya dengan mengandalkan kekuatan dua jari tangan dari empat orang yang mengangkat, tidak ada sama sekali hubungannya dengan makhluk gaib atau benda-benda bertuah semisal batu mustika dan sejenisnya.