SBY : Tahun ini Indonesia di uji

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono menilai, tahun 2016 menjadi tahun yang dinamis dan penuh tantangan, baik bagi dunia maupun Indonesia.

Ia berharap, dinamika yang terjadi sepanjang tahun ini dapat menjadi pelajaran bagi semua agar tahun depan menjadi lebih baik.

“Tahun ini Indonesia diuji, dari soal politik & demokrasi, ke ekonomi & kesejahteraan rakyat, hingga ke kerukunan & harmoni sosial.” kata SBY lewat akun Twitter-nya, @SBYudhoyono, Sabtu (31/12/2016).

“Negara & pemerintah diuji, penegak hukum diuji, media massa & media sosial diuji, pemuka agama diuji, rakyat diuji & Presiden pun diuji” tambahnya.

Menjelang akhir tahun 2016 ini, lanjut SBY, umat Kristiani baru merayakan Natal. Ia berharap kedamaian, kebahagiaan, rasa kasih dan persaudaraan dengan sesama selalu bersemi dalam hati masyarakat.

“Saya yakin saudara-saudara kita umat Kristiani juga punya harapan & cita-cita mulia ~ Indonesia makin damai, rukun, & sejahtera” kata dia.

Begitu pun umat Muslim, lanjut SBY, baru saja merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ia berharap umat Islam bisa meneladani empat sifat mulia Nabi Muhammad, yakni sidik (benar), amanah (dapat dipercaya), tablig (menyampaikan), dan fatanah (cerdas).

“Menghadapi ujian kehidupan ~ maraknya fitnah, intrik & adu domba ~ umat Islam mesti bisa meneladani sifat-sifat Rasulullah ” kata Ketua Umum Partai Demokrat ini.

SBY mengajak masyarakat untuk mendidik diri agar senantiasa benar dan dapat dipercaya dalam ucapan dan tindakan sehingga terbebas dari dosa fitnah dan kebohongan.

SBY juga mengajak masyarakat senantiasa berpikir dan bertindak cerdas. Menyampaikan sesuatu dengan jujur, tepat, dan benar, agar persoalan selesai dan tidak makin buruk.

“Insya Allah, esok akan kita masuki tahun baru 2017. Semoga tahun baru ini membawa berkah.” kata dia.