tips memilih kambing dan sapi qurban yang baik

Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Dzulhijjah atau bulan haji atau sering disebut oleh orang sunda adalah bulan Rayagung..
Nah di bulan inilah umat islam akan melaksanakan Rukun Islam yang ke lima yaitu melaksanakan Ibadah Haji (bagi yang mampu baik secara fisik maupun materi) … “semoga diberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah dan semoga menjadi haji yang mabrur bagi yang melaksanakan ibadah haji pada tahun ini ” dan bagi umat islam yang belum berangkat ibadah haji pada tahun ini, semoga Allah memberikan RahmatNya agar bisa melaksanakan haji di tahun mendatang, Amiin..
Di bulan ini pula tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah dan Tasyrik 11,12 dan 13 Dzulhijjah umat islam juga akan melaksanakan ibadah penyembelihanHewan Qurban.
Penyembelihan Hewan Qurban ini tidak hanya bagi yang berangkat haji, bagi yang tidak berangkat pun dapat melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

cara memilih kambing qurban yang baik

cara memilih kambing qurban yang baik

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah” (QS. Al Kautsar : 1-2)

“Dan bagi tiap-tiap ummat telah Kami syari’atkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu adalah Allah yang satu karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh” (QS. Al Hajj : 34)

cara memilih sapi qurban yang baik

cara memilih sapi qurban yang baik

Pada umumnya hewan yang akan dijadikan qurban telah memenuhi syarat, namun ada beberapa tips/saran yang mungkin bisa jadi masukkan bagi mudhohi /yang akan melakukan qurban diantaranya:

Adanya Ijab Qobul, artinya dalam transaksi jual beli hewan qurbandipastikan harus ada syarat sahnya jual beli seperti ada barang, harga, penjual, pembeli + saksi artinya harus ada hewannya secara fisik.. dalam hal ini jual beli pun hukumnya sah, ada harga ada barang.., hal ini disampaikan karena dikhawatirkan akan terjadi gharar/penipuan… “seperti membeli kucing dalam karung” contoh: beli harga kelas A diberikan hewan kelas B..

Sehat, Ketika hewan akan disembelih harus dalam keadaan sehat, nah disinilah kita perlu memperhatikan kondisi hewan yang akan dijadikanqurban sebelum disembelih.
Pastikan kita membeli hewan qurban pada tempat penjualan hewandengan kriteria tempat hewan/kandang yang sehat… mari kita lihat…hewan yang diikat pada sebuah patok kayu akan membuang kotoran di tempat yang sama dengan tempat makan hewan dan tempat hewanberbaring/istirahat…, sehingga hewan akan berpotensi terserang penyakit..solusinya… carilah tempat penjualan hewan dengan kriteria kandanghewan yang berpanggung… (1) kotoran hewan akan langsung jatuh ke kolong dan dibuang jauh dari kandang hewan oleh pengelola/yang mengurus hewan, (2) tempat makan/pakan hewan tidak bercampur dengan kotoran hewan