sejarah ditemukannya pembalut wanita

Pembalut wanita merupakan kebutuhan pokok bulan pada setiap wanita dewasa di saat datangnya menstruasi yang bermanfaat untuk menyerap darah dari organ vital wanita agar tidak tembus dan mengalir , selain untuk menstruasi , pembalut wanita ini juga di gunakan saat setelah operasi pembedahan atau setelah melahirkan.

sejak ribuan tahun yang silam , pembalut wanita ini sudah di gunakan oleh para wanita di mesir kuno yang mana terbuat dari daun payrus. namun di negara lain pembalut juga sudah di kenal , namun hjauh setelah peradaban mesir kuno tesebut yang mana pembalut di buat dari bahan gulungan rumput , dan di negara Yunani kuno sudah di kenal pembalut modern yang memanfaatkan kapas yang di bungkus kayu kecil .

Dan lama setelah itu pada tahun 1867 di temukan cara baru untuk menampung darah haid tersebut dengan menggunakan mangkuk kecil yang di letakkan di dalam kantong kain yang di hubungkan dengan sabuk ikat pinggang .

karena di raa ribet dalam hal pemakaian , yang mana saat sedang menstruasi menggunakan mangkuk ikat pinggang tersebut wanita tidak memungkinkan untuk memakai celana dalam , lantas pada tahun 1876 mangkuk tersebut di ganti dengan bahan karet yang mana dapat menampung darah haid lebih banyak yang mengalir melalui selang ke kantung penampungan yang di hubungkan di luar badan, namun teknologi tersebut masih orang orang tertentu yang menggunakan , karena harga dan pembuatannya tidak memungkinkan untuk di gunakan masyarakat awam.

barulah pada saat terjadi perang dunia pertama di temukan cikal bakal pembalut modern  yang di temukan oleh Seorang perawat Perang Dunia pertama.

nah di tahun 1900 an pembalut wanita modern yang lazim di sebut disposable pads di produksi secara masal dengan merk Kotex dan mulai di pasarkan di amerika pada tahun 1920 dengan Kotex adalah merk pembalut wanita pertama yang saat itu masih menggunakan sabuk sebagai pengikat dari pembalut tersebut.

baru pada tahun 1920 , pembalut yang mulanya menggunakan sabuk di ubah menggunakan lem yang berfungsi untuk merekatkan pembalut ke bagian bawah celana dalam .

Sejarah pembalut memek