Delapan Kesalahan Mendidik Anak

Detik Indonesia – Setiap orangtua, pasti ingin berbuat yang terbaik untuk anaknya. Sayangnya banyak yang tidak tepat, Tips Keluarga kali ini mengambil tema Kesalahan Mendidik Anak yang sering terjadi pada kehidupan kita sehari hari seperti :

KURANG PENGAWASAN

Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu adalah tragedi yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua. Sekarang bagaimana cara menyiasatinya, misalnya apabila anak anda masih berada di penitipan atau sekolah, usahakan mengunjunginya secara berkala dan tidak terencana, Buatlah kejutan untuk mereka. Bila pengawasan anda jadi berkurang, solusinya carilah tempat penitipan lainnya. Jangan biarkan anak anda berkelana sendirian. Perhatian anda sangat dibutuhkan bagi sang anak.

Kesalahan Mendidik Anak

GAGAL MENDENGARKAN

Banyak orang tua terlalu lelah memberikan perhatian, cenderung mengabaikan apa yang anak mereka ungkapkan. Misalnya Iwan pulang sekolah dengan lutut terluka, umumnya orang tua menanggapi hal tersebut dengan berlebihan, menduga-duga sianak terjatuh saat bermain atau berkalahi dengan temannya. Faktanya, orang tua tidak tahu apa yang terjadi sehingga anak sendirilah yang menceritakannya. Dalam hal ini orang tua seharusnya jangan bosan-bosan mendengarkan keluh kesah sang anak. Karena dengan mendengarkan keluh kesahnya mereka kelakakan lebih terbuka pada anda.

JARANG BERTEMU MUKA

Orang tua seharusnya membiarkan anak melakukan kesalahan, biarkan anak belajar dari kesalahan agar tidak terulang kembali kesalahan yang sama. Bantulah anak untuk mengatasi masalahnya sendiri, tetapi jangan mengambil keuntungan demi kepentingan anda pribadi. Apabila jika frekuensi  pertemuan anda sangat minim, pasti merepotkan anda dalam memantau perkembangan sang anak. Sekarang ini banyak orang tua menghabiskan waktu untuk mengeringkan rambut, daripada meluangkan waktu untuk anak mereka.  Walapun sedikit waktu bertemu muka dengan sang anak itu sangat banyak sekali pengaruhnya pada sang anak.

BERTENGKAR DI HADAPAN SANG ANAK

Perilaku yang sangat berpengaruh merusak adalah “bertengkar” di hadapan sang anak. Saat orang tua bertengkar di depan anak mereka, khususnya anak laki-laki, maka hasilnya adalah seorang calon pria dewasa yang tidak sensitif yang tidak dapat berhubungan dengan wanita secara sehat. Orang tua seharusnya menghangatkan diskusi di antara mereka, tanpa anak-anak diantara mereka. Wajar saja bila orangtua berbeda pendapat tetapi usahakan tanpa amarah. Jangan ciptakan perasaan tidak nyaman dan ketakutan pada sang anak.

TIDAK KONSISTEN

Anak perlu merasa bahwa orang tua mereka berperan. Jangan biarkan mereka memohon dan merengek menjadi senjata yang ampuh untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Disini orang tua harus berpendirian tegas dan berwibawa  di hadapan anak-anak mereka, supaya mereka segan, dan hormat pada kita.

MENGABAIKAN KATA HATI

Lakukan apa saja sesuai dengan kata hati mu dan biarkan mengalir tanpa mengabaikan juga suara-suara di sekitarnya yang melemahkan. Orang tua seharusnya mempunyai kepekaan yang tajam apalagi yang menyangkut buahhati kita. Terlebih lagi seorang Ibu.

TERLALU BANYAK NONTON TV

Menonton televisi akan membuat anak malas belajar. Orang tua cenderung membiarkan anaknya berlama-lama di depan tv dibanding mengganggu aktivitas orang tuanya.  Pada dasarnya disini orang tua sangat tidak mungkin memfilter masuknya iklan negative yang tidak mendidik.

DIUKUR DENGAN MATERI

Anak-anak sekarang mempunyai banyak benda atau mainan untuk di koleksi. Memang tidak ada salahnya memenjakan anak dengan mainan dan liburan yang mewah. Tetapi yang seharusnya anda sadari adalah anak anda membutuhkan waktu yang sangat berkualitas bersama orang tua mereka. Mereka cenderung ingin di dengarkan, di bandingkan diberi sesuatu dan diam.

Semoga dengan Arikel berjudul Delapan Kesalahan Mendidik Anak membuat anda semua lebih waspada dalam mendidik buah hati anda.

resep nugget jagung bikin anak ketagihan , cara membuat seblak ala anak kos , kata kata mutiara anak metal , mukadimah khutbahsunda , obat alami demam batuk anak , resep jajanan anak terkini