Bila Si Kecil Malas Makan

Detik Indonesia, Anak-anak memang sering merepotkan orang tua . Apalagi, jika sang buah hati tidak mau makan. Tips keluarga kali ini membahas Bila Si Kecil Malas Makan, agar bunda tidak perlu cemas jika mengalami hal seperti ini.

Bila Si Kecil Malas Makan

Perlu diingat, apabila bunda mengalami kasus seperti disebutkan diatas, jangan memvonis kalau masakan yang dibuat anda tidak enak atau tidak disukai anak, pelajari saja mungkin ada beberapa penyebab seperti dibawah ini.

Bila Si Kecil Malas Makan

KEBUTUHAN BERBEDA

Suatu hal yang  perlu di sadari setiap orang tua adalah kebutuhan makan tiap anak tidak sama. Kebutuhan makan ini tergantung pada umur, berat badan, jenis kelamin, dan aktifitas fisik. Yang perlu diperhatikan adalah kecukupan zat gizi yang terkandung  di dalam makanan yang di makan oleh sang anak. Bukan jumlah yang habis di makan oleh sang anak. Dalam hal ini , tentu saja anda perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang masalah gizi.

JANGAN PAKSA

Ada baiknya anda jangan memaksa sang anak untuk segera makan makanannya. Karena makanan yang di paksakanakan mengurangi selera makannya hilang. Anda harus mencoba memberikan berangsur-angsur dan perlahan –lahan karena tidak selamanya nafsu makan akan hilang. Apalagi kalau seorang ibu harus pandai –pandai merayu supaya sang anak mau makan .

BANGKITKAN SELERA

Membangkitkan selera makan  sang anak memang tidak mudah, perlu kesabaran, dan ketekunan dari anda . Menggugah selera makan disini dapat memulai dengan memberikan makanan yang mereka senangi. Berikan ini selama dua sampai tiga bulan, kemudian perlahan- lahan ubahlah makanan yang di sajikan, sementara makanan yang mereka sukai tetap di sediakan pada suatu saat makan. Dalam hal ini suasana makan yang menyenangkan sering kali bisa membangkitkan nafsu makan sang anak. Ada berbagai macam cara untuk bisa menggugah nafsu makan sang anak , misalnya memperdengarkan sebuah cerita yang di sukai anak, mengganti peralatan makan dengan warna dan corak yang di sukai anak, atau dengan mengumpulkan teman- temannya untuk di ajak makan bersama. Dan lain sebagainya.

MEMBATASI MAKANAN MANIS

Supaya nafsu makan anak tetap baik, Sebaiknya jangan terlalu sering member makanan yang manis- manis . Karena makanan yang seperti itu akan membuat perut terasa kenyang dan anak akan menolak untuk makan.

MAKANAN YANG BERAGAM

Bosan dengan makanan yang itu-itu saja, akan mengakibatkan sang anak menolak untuk makan. Usahakan memberikan makanan yang beraneka ragam sehingga sang anak akan menerima gizi yang lebih lengkap. Semakin beragam makanan yang di sajikan, bertambah juga asupan gizi yang mereka dapatkan.

KONSULTASI DENGAN DOKTER

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan nafsu makan sang anak berkurang. Seperti di antaranya radang tenggorokan dan gigi berlubang. Oleh sebab itu jika anak susah makan karena kesehatannya terganggu hendaklah anda jangan segan- segan berkonsultasi dan memeriksanya kedokter. Supaya mendapat solusi yang tepat untuk sang buah hati anda, agar nafsu makannya kembali normal lagi.

Semoga Artikel tentang Bila Si Kecil Malas Makan bermanfaat bagi orang tua, dan bila merasa terbantu, silahkan sharing agar yang lain bisa tahu.