Menjaga Anak Dari Dunia Maya

Menjaga Anak Dari Dunia Maya, Internet memang jendala dunia. Tetapi lindungilah anak dari “predator dunia” maya. Didalamnya terkadang ada informasi yang belum boleh di ketahui atau di lihat oleh anak-anak di bawah umur. Maka dari itu kita selaku orang tua harus sedini mungkin bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk anak-anak kita, di era seperti sekarang ini. Didalam internet terdapat informasi-infomasi yang nantinya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak–anak kita. Sebaiknya kita bisa mendampingi mereka dengan tidak membentengi sedemikian rupa.

Menjaga Anak Dari Dunia Maya

Jadilah Sahabat Bagi Anak

Disini keterlibatan orang tua di kehidupan online anak-anak sangat penting, mengingat sekarang anak–anak sangat akrab dengan internet. Salah satu di antaranya  game permainan online.
Seharusnya anda mengenali ruang gerak mereka, pastikan anda juga mengenal teman bermain mereka yang lain. Disini anda harus yakin bahwasanya mereka bermain didunia maya dengan aman. Anjurkan pada mereka untuk memberitahu anda jika mereka menjumpai hal–hal yang tidak nyaman untuk di lihat oleh mereka. Yakinkan pada mereka bahwa anda tidak sepenuhnya menyalahkan mereka atau melarangnnya untuk berinternet ria.

Membuat Peraturan

Kebebasan yang  tidak terbatas didalam kegiataan online akan membawa dampak yang kurang baik bagi anak-anak. Maka dari itu akan lebih baik jika anda membuat aturan-aturan mengenai berapa lama waktu online dan situs-situs apa saja yang tidak boleh mereka kunjungi. Sebaiknya anda bisa membicarakan terlebih dahulu mengenai konsekuensi jika mereka melanggar peraturan yang telah dibuat tersebut. Pasanglah peraturan –peraturan tesebut di dekat computer agar mereka selalu ingat. Dan mereka tidak akan melanggar peraturan tersebut.

Ajarkan Anak Melindungi Privasi

Anak-anak tidak sepenuhnya menyadari tentang konsekuensi-konsekuensi mengumbar informasi pribadi mereka. Sekarang menjadi tugas orangtua untuk membuat anak-anak mengetahui tindakan seperti jangan pernah memberikan nama , nomor telepon, alamat email, alamat rumah, sekolah, atau foto tanpa izin dari anda. Jangan merespon pesan yang mengganggu. Dan janganlah sekali-kali bertemu dengan seseorang melalui internet. Karena itu semua merupakan privasi yang tidak semua orang boleh mengetahuinya.

Jangan Abaikan Lokasi

Jangan sekali–kali membiarkan anak-anak anda memakai computer di dalam kamar pribadi, sebaiknya tempatkanlah computer ditempat umum ( ruang keluarga), agar supaya anda lebih leluasa dalam memonitoring penggunaannya.

Bekerja Sama Dengan Isp

Jika memungkinkan bekerja samalah dengan penyedia layanan jasa internet (ISP) anda. Biasanya mereka memiliki parental control gratis yang bisa membatasi pengaksesan anak-anak kesitus –situs tertentu. Software-software parental control  juga banyak tersedia di internet secara gratis. Apabila ISP anda tidak memiliki kemampuan seperti yang tertulis diatas , anda masih memiliki opsi aman dalam berinternet di browser anda. Misalnya jika anda memakai internet Explorer, program Content Advisor bisa anda jumpai di Tool Internet Options, Contens. Yang  akan menyaring bahasa atau badword, seperti p*rnografi dan kekerasan yang seharusnya tidak boleh mereka lihat didalam internet.

Setting Mesin Pencari

Mesin pencari ( Search engine) seperti Google menawarkan penyaringan yang bisa di klik preferences / Safe Search Filtering. Saat diaktifkan,  ia akan mampu memblokir situs yang memuat kontenseksual.  Dan kenali situs yang aman untuk usia anak.  Anda bisa mencari situs-situs yang cocok untuk usia anak anda dengan konten yang bervariasi seperti tentang film, music , sejarah, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.