Jurus Sederhana Untuk Si Tukang Hapal

Jurus Sederhana Untuk Si Tukang Hapal, Sulit menghapal bisa jadi akan mengganggu belajar sang anak. Tetapi jangan menganggap anak anda tersebut tidak mampu. Gunakan jurus-jurus sederhana yang membuat anak anda lebih mudah dan cepat dalam proses belajar menghapal.

Jurus Sederhana Untuk Si Tukang Hapal

Sebagai orang tua, menjadi kewajiban kita untuk mendidik di dalam wilayah keluarga, berikut beberapa tips untuk anda sebagai Jurus Sederhana Untuk Si Tukang Hapal

Buatlah MENARIK

Pelajaran harus menjadi semenarik mungkin untuk si anak. Gunakan Imajinasi anda untuk memberikan penjelasan yang kreatif. Misalnya dengan merangkai sebuah cerita, yang sebenarnya berisi tentang pelajaran yang harus dihapal. Usahakan emosi si anak masuk kedalam cerita tersebut, sehingga anak akan menjadi tertarik dan cepat hapal. Anda juga bisa mengajak sianak berkunjung ketempat–tempat wisata yang bersejarah , seperti Kraton Yogyakarta, Candi Borobudur, Monumen Yogya kembali (Monyali ), atau menonton film yang berlatar belakang sejarah untuk memudahkan anak masuk kedalam jalan cerita. Tentunya anda harus mendampingi ketika ia sedang menonton. Agar supaya jikalau nanti ada sesuatu yang di rasa perlu untuk di tanyakan oleh sianak, Anda harus sebisa mungkin menjawab pertanyaan yang di lontarkan oleh anak anda.

Jurus Sederhana Untuk Si Tukang Hapal

Terapkan PENGGULANGAN

Mintalah pada sianak untuk mengulangi materi yang Anda jelaskan dengan cara memintanya untuk menuliskan kembali materi pada kertas, atau memintanya untuk mengucapkan kembali apa yang yang di jelaskan. Karena pengulangan merupakan bagian yang penting dalam menghapal. Disini jangan hanya sekali, dua kali minta sianak dalam mengucapkan atau menulis materi yang anda jelaskan. Dengan cara mengulang-ulangakan hapal dengan sendirinya.

Praktik LAPANGAN

Hal ini sangat berguna untuk mengenalkan cara menghapal proses–proses alam seperti proses penguapan air ( dengan memasak air), pencairan air ( meletakkan es di tanah lapang), proses pembekuan (memasak atau membuat agar-agar) proses pertumbuhan tanaman (menanam tumbuhan hingga tumbuh kecambah kurang dari 1 minggu). Tentu dengan praktik ini akan memudahkan anak untuk menghapal.

Kata KUNCI

Buatlah kata kunci yang dapat membantu sianak untuk mengingat materi secara keseluruhan. Hal ini dilakukan terutama untuk materi yang memiliki penjabaran atau memiliki banyak poin-poin yang penting. Buatlah kalimat-kalimat yang dapat menjembatani keseluruhan isi materi tersebut misalnya dengan metode jembatan keledai. Contoh sederhana, buatlah kata-kata singkatan seperti “menjingkuhibiniu“ untuk warna-warna pelangi merah, jingga, kuning, hijau, nila , ungu.

RUMUS lintingan

Untuk menghapal beberapa rumus, selain menulisnya besar-besar dalam sebuah whiteboard dirumahanda, anda bisa mengemasnya dalam bentuk permainaan lintingan kertas yang didalamnya berisi rumus-rumus, mintalah anak mengambilnya layaknya arisan, dan menebaknya sebagai rumus apa atau sebaliknya. Tetapi ingat jangan paksakan jika sianak lagi tidak nyaman. Yang jelas, semua proses itu dilakukan dengan memperhatikan faktor kenyamanan pada sianak.