Cara Membuat Lulur Tubuh dengan Bahan Alami

Membersihkan kulit tubuh menggunakan lulur merupakan langkah aman dan sehat, apalagi lulur yang digunakan merupakan produksi sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alam yang tentunya tidak perlu khawatir mengandung bahan mercuri atau zat berbahaya lainnya, karena semua bahan dan cara membuat kita lakukan sendiri. 

Penggunaan lulur tubuh ini bertujuan mengangkat sel-sel kulit yang mati, kemudian digantikan dengan kulit baru yang lebih sehat. Selain mengangkat sel kulit yang mati, manfaat lain dari penggunaan lulur ini adalah dengan adanya bahan alami yang terdapat pada bahan-bahan alami akan melembabkan kulit dan memberikan nutrisi pada kulit anda. Selain itu dengan alami pula yang mengandung minyak esensial mampu memberikan energi baru dan menenangkan karena bersifat aroma terapi. 

Tips Membuat Lulur Tubuh Alami

Berikut akan kami bahas bagaimana cara membuat lulur tubuh alami dengan maenggunakan bahan gula, kopi, garam dan oatmeal serta bahan alami lainnya. 

Resep Mudah Membuat Lulur dengan bahan Garam
Membuat lulur tubuh dengan bahan alami garam memang bisa dibilang mudah, namun sebelumnya anda harus mempersiapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu meliputi:

  • 1 cangkir garam halus
  • 1/3 cangkir minyak almond atau Carrier Oil
  • 8 tetes minyak esensial jeruk, dan 4 tetes minyak peppermint (anda bisa menggunakan minyak essensial lainnya)

Cara membuat scrub garam

  1. Siapkan wadah seoerti mangkuk atau gelas
  2. Masukaan garam yang sudah ditumbuk halus
  3. Masukan minyak essensial dan camour hingga merata
  4. Setelah itu tambahkan minyak almond secara bertahap
  5. Aduk terus menerus dan hentikan adukan ketika scrub mencapai konsistensi pasir yang lembab
  6. Scrub garam alami buatan sendiri siap digunakan

Peringatan: tidak dianjurkan bagi anda yang hendak mencukur bulu kaki melakukan sebelum menggunakan lulur karena zat garam akan meresap pada kulit melalui celah pada sekitar rambut yang terpotong, dan akan terasa sakit dan perih seperti tersengat. 

Membuat Lulur Tubuh dengan Bahan Kopi

Membuat lulur tubuh dengan bahan alami berupa kopi tidaklah begitu sulit, selain bahan yang mudah di dapat harganya pun relatif murah.

Segera kita siapkan bahan-bahannya sebagai berikut :

  • bubuk kopi 1 cangkir
  • Garam sebanyak 1 sdm
  • minyak almond  kurang lebih 1/3 cangkir
  • bubuk kayu manis 1 sdt
  • minyak esensial jeruk bali 8 tetes dan
  • minyak esensial peppermint 4 tetes (anda bisa menggunakan minyak essensial lainnya)

Cara membuat Lulur Kopi

  1. Siapkan wadah untuk tempat lulur
  2. Campur semua bahan mulai dari kopi, garam, dan minyak esensial di dalam wadah
  3. Aduk hingga semua merata
  4. Jika suda, tambahkan minyak almond perlahan, aduk terus, sampai campuran mencapai bentuk semacam pasta.
  5. Lulur kopi dengan bahan alami siap untuk anda gunakan.

Baca: Cara Membuat Scrub Wajah yang Aman dengan Bahan Alami

Demikian tadi cara membuat lulur tubuh dengan bahan alami semoga bermanfaat untuk anda dan membuat kulit tubuh anda menjadi lebih sehat, bersih dan cantik.

Anda tidak perlu takut dan khawatir, karena jika anda membeli lulur atau sering kita sebut scrub, di tokopun sebenarnya bahan yang digunakan hanya berisi tiga bahan utama. Antara lain sebagai berikut:

1. Exfoliant
Zat berpasir yang terdapat pada lulur atau body scrub sebenar dapat berasal dari berbagai macam bahan, akan tetapi yang paling sering dan paling umum dipakai adalah garam dan gula, karena kedua bahan ini yang paling memiliki manfaat yang mampu larut dalam air

Garam
Sebagian orang lebih suka menggunakan garam laut untuk bahan lulur lantaran memiliki labih banyak kandungan mineral yang sangat baik untuk ksehatan kulit, jika tidak dengan garam laut, agar saat menggunakannya tidak terlalu kasar dan panas dikulit beberapa orang menggunakan bahan garam yang lebih halus.

Gula
Tekstur gula lebih lembut jika dibandingkan garam, namun sebenarnya efek manfaatnya hampir sama, untuk menghasilkan aroma sedap dan wangi dapat ditambahkan dengan minyak esensial dan vanili.

Bubuk Kopi
Semua orang tau bagaimana itu bubuk kopi, namun tidak semua orang tau manfaat dan rahasia dibalik bubuk kopi bagi tubuh, kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi varises dan rosacea, hal ini karena pada kafein mengandung vasokonstriktor. Jika bubuk kopi ini diterapkan pada kulit dan mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Oatmeal
Bahan berlemak ini termasuk bahan yang yang paling lembut dan halus jika dibandingkan dengan garam dan gula, efek utama dari bahan ini adalah melembutkan dan melembabkan. Orangorang terdahulu menggunakan Oatmeal untuk mengobati kulit gatal dan kekeringan pada kulit.

Baca:Cara menghilangkan bekas jerawat secara tradisional alami dan cepat

2. Carrier Oil
Bahan ini berupa minyak yang peran utamanya dalan lulur adalah melembabkna kulit. Kebanyakan resep lulur menggunakan sekitar 1/3 cangkir minyak untuk setiap cangkir exfoliant, bahan inipun dapat diperoleh dari berbagai bahan alami antara lain:Minyak bunga matahari, Minyak almond, Grape Seed Oil (minyak biji anggur). Selain itu anda juga dapat menggunakan Hazelnut Oil, Kukui (Candle Nut), dan juga Macadamia Nut Oil yang dapat disimpan sekitar 12 bulan lamanya.

3. Aroma Wewangian
Cara paling gampang untuk mendapatkan tubuh harum adalah dengan menambahkan minyak esensial pada lulur yang anda gunakan. Anda dapat menambahkan minyak essensial dalam ⅓ cangkir Carrier Oil dengan ukuran sebagai berikut:

  • Kulit Normal: 10 tetes minyak lavender, 6 tetes minyak geranium, 4 tetes minyak alang-alang
  • Kulit Berminyak: 8 tetes minyak cendana, 6 tetes minyak lemon, 6 tetes minyak lavender
  • Kulit Kering: 8 tetes minyak cendana, 6 tetes minyak geranium, 6 tetes minyak mawar
  • Kulit Sangat Kering: 10 tetes minyak mawar, 8 tetes minyak cendana, 2 tetes minyak patchoulli
  • Kulit Mature: 8 tetes minyak neroli, 6 tetes minyak kemenyan, 6 tetes minyak ylang-ylang
  • Kulit Sensitif: 6 tetes minyak chamomile, 4 tetes minyak mawar, 2 tetes minyak neroll
  • Kulit Berjerawat: 10 tetes minyak lemon, 10 tetes minyak cemara, 5 tetes minyak lavender

Sekarang anda sudah tahu bahan dasar alami untuk membuat lulur atau body scrub yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan ternama. Kini giliran adan membuat sendiri dari bahan-bahan alami untuk kecantikan kulit tubuh anda sendiri. Selamat mencoba.

Minyak zaitun al sausan , mngobti jrawati dngn minyak zaitun al sausah , cara membuat lulur kayu manis , resep kulit lumpia ala , resep bolu dengan resep pakai minyak goreng , resep ayam tanpa minyak , minyak zaitun al sa , minyak jaitun al sausan , manfaat minyak zaitun al sausan , manfaat minyak zaitun al sausah , manfaat minyak alsawsan , manfaat al sausan , gimana cara memakai minyak zaitun al sausan , resep kulit lumpia fah umi yasmin