Cara Membuat Scrub Wajah yang Aman dengan Bahan Alami

Menghilangkan sel-sel kulit mati dari wajah adalah cara untuk memperoleh dan memiliki wajah yang segar, cantik dan bersinar. Memang banyak produk-produk kecantikan yang memberikan iming-iming akan menjadikan kulit wajah tetap cantik dan awet muda, dari yang harganya murah hingga yang super mahal, namun juga tak banyak yeng mengetahui benar akan efek yang akan ditimbulkan dari penggunaan produk tersebut. Untuk itu salah satu cara yang paling aman adalah dengan memanfaatkan scrub dari bahan alami yang tentunya tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Di sekitar kita sudah disediakan semuanya oleh Tuhan untuk dimanfaatkan oleh manusia, seandainya dijualpun harganya tetap terjangkau. Dari bahan-bahan alam yang ada dapat kita kombinasikan untuk menghasilkan scrub alami yang aman dipakai.

Tips Membuat Scrub Wajah dari Bahan Alami

Pada lapisan kulit dalam yang kita sebut dengan dermis, di sinilah sel-sel kulit baru akan dibuat, kemudian sel-sel kulit baru tersebut akan terdorong keluar kearah lapisan kulit luar yang sering kita sebut dengan lapisan epidermis, di lapisan ini sel-sel kulit mati akan terkelupas berlahan dan di gantikan oleh sel-sel kulir yang baru tadi. Dan ini sudah menjadi proses alami, tidak apa-apakan pun akan terjadi dengan sendirinya. Namun apabila kita bantu pelepasan sel-sel kulit yang mati tadi dengan cara yang tepat dan aman, tentunya proses pergantian sel-sel tadi akan lebih sempurnya, dan tentunya akan menjadikan kualitas kulit yang lebih baik pula.

Pada saat pergantian sel-sel tersebut ternyata tidak semua sel kulit yang mati terlepas semua, namun masih ada yang bertahan pada lapisan kulit luar sehingga kulit akan tampak kasar dan kusam. Selain tampak kusam dan kasar terkadang akan menyumbat pori-pori wajah yang mengakibatkan iritasi dan jerawat. Salah satu cara efektif menghilangkan kulit mati tersebut dengan cara yang baik dan aman adalah dengan memakai scrub wajah.

Berikut lima bahan pengelupas kulit yang aman dan mudah di dapat

Soda Kue
Membersihkan kulit wajah dengan mangangkat sel-sel kulit mati ada wajah menggunakan soda kue dapat dibilang cukup mudah, anda cukup mengoleskan soda kue pada wajah dengan gerakan melingkar secara berlahan-lahan,diamkan beberapa saat kemudian dapat anda bilas dengan air bersih menggunakan sabun muka. Selain mudah didapat ternyata soda kue ini salah bahan yang digunakan sebagai bahan utama produk-produk kosmetik yang tujuannya untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun apabila sudah menjadi kosmetik harganya pastilah mahal.

Gula Pasir
Glycolic acid merupakan suatu zat yang fungsinya memperbarui sel-sel yang yang rusak atau mati, dengan memproduksi sel baru dan ememcah protein, zat banyak terdapat dalam gula pasir yang merupakan sumber alami dari asam glikolat. Untuk membuat scrub wajah dengan bahan alami gula pasir adalah dengan menjadikanya pasta terlebih dahulu, dengan cara mencapur gula pasir secukupnya dengan minyak zaitun, bisa juga dengan biji anggur ataupun almond. Setelah menjadi pasat kemudian digunakan untuk mengolesi wajah dengan cara meratakan pada wajah dengan gerakan tangan melingkar, kemudian dibilas dengan sabun muka seperti biasa.

Garam Laut
Salah satu keistemewaan garam laut adalahbanyak mengandung mineral yang mampu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang mati serta mampu melembabkan kulit anda. Hampir sama dengan gula pasir cara menggunakan untuk scrub wajah adalah dengan membuat pasta terlebih dahulu dengan mencampur garam laut dengan minyak esensial lavender dan minyak zaitun, setelah menjadi pasta dapat anda fungsikan sebagai svrub wajah kemudian dibilas dengan sabun.

Kefir

Kefir ini sudah di kenal dan di konsumsi sejak kurang lebih 1.400 taun silam oleh penduduk Kaukasus di Rusia. Biji kefir sendiri diberukan oleh Nabi Muhammad SAW, kepada penduduk Kaukasus sebagai puaka dan diwariskan secara turun temurun hingga sekarang.

Nama kefir sendiri berasal dari baha Turki yang artinya enak (suasana yang enak dan tenang). Biji kefir hampir berbeda dengan yoghurt meskipaun sama-merupakan hasil fermentasi dari susu. Kefir lebih berwujud cair sedang yoghurt lebih kental. Tidak hanya susu sapi tetapi susu kambing juga dapat sebagai bahan kerfir.

Dugaan yang lebih mendasar adalah bahwa nama Kefir berasal dari kata “kaafuura”, yang artinya nama mata air di surga yang airnya berwarna putih, harum baunya dan lezat rasanya. Kata ini tercantum dalam Al Qur’an, yaitu pada Surat Al Insaan, ayat 5.

Kefir merupakan sumber alami untuk membuat asam laktat yang mampu menghidrasi dan menenangkan serta membuat nyaman kulit anda. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan ke wajah kemudian di diamkan selama kurang lebih 15-30 menit, kemudian bilas dengan sabin muka seperti biasanya, maka anda akan merasakan kulit anda halus dan nyaman dalam beberapa hari kedepan.

Madu
Madu adalah anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur alami. Madu mampu mengatasi infeksi kulit, termasuk jerawat. Madu juga mampu mengurangi peradangan dan hidrat. 

Untuk membuat Scrub Wajah dari bahan madu dan baking soda, alat perlu dipersiapkan antara lain dan bahan sebagai berikut:

  1. Mangkok atau gelas
  2. 2 sendok madu murni
  3. 1/2 sendok baking soda

Cara Pemakaian

  1. Bersihkan dan keringkan wajah anda
  2. Oleskan madu dan baking soda di telapak tangan, yang sebelumnya telah di campur dalam sebuah mangkok yang telah dipesiapkan.
  3. Gosok telapak tangan bersama-sama selama beberapa detik
  4. Terapkan secara merata di wajah dan pijat dengan lembut
  5. Jika anda ingin menggunakannya sebagai masker, biarkan selama 5-10 menit.
  6. Bilas wajah anda beberapa kali dengan air hangat

Demikian tadi beberapa tips membuat scrub wajah dengan berbahan alami. Semoga tips kecantikan ini bermanfaat untuk anda dan membuat sel kulit mati di wajah terangkat dan membuat wajah putih berseri bebas dari kulit mati.

teknik pijat wajah ala dr oz