Berbagai masalah kecantikan saat hamil dan cara menanggulanginya

Berbagai masalah kecantikan saat hamil dan cara menanggulanginya

 

Menjaga kecantikan merupakan salah satu hal terpenting yang dilakukan oleh banyak wanita di dunia ini. Bahkan sebagian wanita rela melakukan operasi plastik dan cara yang ekstrim agar bisa mendapatkan wajah cantik sesuai yang diidamkannya. Bahkan termasuk saat menjalani proses kehamilan, para wanita akan terus berusaha untuk tampil cantik.

Namun sayangnya pada periode kehamilan ini, seorang calon ibu ini akan meningkatkan beberapa hormon di dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan janin di kandungan. Peningkatan hormon ini bisa mengakibatkan adanya perubahan bentuk tubuh dan menjadikan kurangnya kecantikan anda.

Meski hanya sementara, jika tidak ditangani dengan baik, beberapa masalah kecantikan juga bisa bersifat permanen dan tidak akan hilang meski sudah selesai melahirkan. Masalah pada kecantikan bisa berupa, tubuh yang tidak langsing, wajah kusam kulit tidak mulus dan berbagai msalah lainnya.

Berikut ini berbagai masalah yang sering mungul pada periode kehamilan wanita :

Stretchmark
Saat periode kehamilan berlangsung biasanya akan muncul garis vertikal yang menyerupai kulit pecah. Hal ini dalam dunia medis disebut dengan stretchmark. Seringkali ditandai dengan adanya warna merah yang kemudian memutih hingga membentuk garis-garis yan glebih putih dari kulit di sekitarnya. Kondisi stretchmark ini bisa muncul pada berbagai bagian tubuh seperti perut, paha dan pinggul yang mengalami pembesaran.

Agar stretchmark ini dapat hilang, gunakan krim anti stretchmark yang memiliki kandungan pelembab semenjak awal kehamilan. Selain itu anda juga sebaiknya menghindari berat tubuh yang terlalu signifikan pada awal kehamilan. Berhati-hatilah dalam menangani ini karena stretchmark juga bisa bersifat permanen meski telah melahirkan.

Mask of Pregnancy
Mask of pregnancy adalah kondisi dimana wajah anda tidak sama. Pada area dahi dan pipi berwarna lebih gelap dan warna yang lebih gelap pula pada lipatan-lipatan. Cara pencegahannya adalah dengan menggunakan krim dengan kadar 15 SPF dan menghindari terlalu lama terkena sinar matahari.

Luka Akibat Garukan
Bagian perut anda yang mengalami pembesaran biasanya akan menimbulkan rasa gatal. Apabila anda menggaruknya, hanya akan mengakibatkan bekas luka yang permanen. Rasa gatal ini biasanya diakibatkan oleh kulit yang mengering.

Cara pencegahannya dengan menggunakan pelembab atau krim dingin penghilang gatal. Selain itu anda juga harus rutin memotong kuku agar jika terjadi penggarukan tanpa sengaja, tidak akan mengakibatkan luka pada kulit.

Berjerawat dan Berketombe
Pada ibu hamil, hormon progesteron biasanya akan mengalami peningkatan dan megakibatkan timbulnya produksi minyak yang berlebih pada sekitar kulit kepala. Hal ini akan mengakibatkan munculnya ketombe dan jerawat selama proses kehamilan. Agar anda terhindar dari ketombe dan jerawat, seringlah mencuci muka dari biasanya dan cuci rambut dengan bersih setiap hari.

Varises
Aliran darah pada saat kehamilan akan mengalami peningkatan hasilnya akan terjadi pelebaran pembuluh darah balik yang disebut dengan varises. Seringkali timbul pada bagian belakang tungkai dan betis. Hingga terbentuk urat kebiruan yang menonjol dan berkelok2. Bahkan bisa mengakibatka nyeri.

Cara mengatasinya dengan cara menghindari berat badang berlebih dan lakukan jalan kaki secara teratur. Jangan terlalu lama berdiri atau duduk. Anda bisa juga menggunakan stoking anti varises.

Kegemukan
Saat proses kehamilan jelas berat badan anda akan bertambah. Hal ini sagngat berpengaruh pada proses penyerapan nutrisi oleh janin di dalam rahim. Kondisi ini tidaklah aneh, karena hampir semua ibu akan mengalami berat badan berlebih saat mengalami kehamilan. Agar berat badan bisa terjaga, anda bisa melakukan olah raga dan diet, namun anda harus memperhatikan langkah diet yang dilakukan karena jika dilakukan diet ektrim bisa jadi justru membahayakan anak dalam kandungan.