tips dan cara menghitamkan rambutsecara alami dan cepat

Rahasia Menghitamkan Rambut Dengan Daun Pandan

Warna rambut hitam hingga saat ini masih menjadi primadona setiap wanita. Terlebih bagi mereka wanita Indonesia yang memang sebagian besar terlahir dengan warna hitam. Namun sayangnya, seiring pertambahan usia, faktor stres dan maltrunisi membuat rambut yang dulunya hitam legam berangsur-angsur memudar menjadi kusam, kemerahan atau bahkan keabu-abuan. Hal ini dipicu oleh turunnya produksi enzim katalase yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Bagian dari siklus oksigen di dalam tubuh yaitu hidrogen peroksida berakumulasi dan menghambat produksi melanin. Lantaran perannya yang penting dalam menentukan pigmen rambut, maka kurangnya produksi melanin secara otomatis akan mengubah warna rambut hitam menjadi kusam.

Kerusakan yang ditandai dengan memudarnya warna asli rambut tersebut, tak heran jika banyak kaum hawa melakukan berbagai macam perawatan di salon kecantikan demi mengembalikan warna rambutnya menjadi hitam berkilau. Inilah alasan mengapa bisnis salon tidak pernah habis dimakan waktu. Parahnya, mereka bahkan rela merogoh kocek dalam hanya untuk mewujudkan rambut dambaannya. Padahal perawatan di salon tidak sepenuhnya bagus untuk kesehatan rambut. Penggunaan bahan kimia bisa jadi justru membuat rambut lama-kelamaan tampak kusam dan memerah pada ujungnya.

Perawatan di salon sah-sah saja, namun tidak ada salahnya mencoba cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah, tentunya dengan budget yang lebih ringan. Soal efek samping, tampaknya tidak perlu Anda khawatirkan karena penggunaan bahan alami jauh dari kata itu.

Salah satu bahan alami untuk hitamkan rambut adalah daun pandan. Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, terlebih bagi ibu-ibu yang hobi memasak. Mereka kerap menjadikan tanaman beraroma wangi satu ini sebagai pelengkap masakan. Namun, tahukah Anda jika daun pandan tidak hanya mampu melezatkan makanan tetapi juga berkhasiat mempercantik rambut Anda.

Sejatinya, khasiat daun pandan untuk menghitamkan rambut tidak jauh berbeda dengan lidah buaya, minyak kelapa dan orang aring. Meski kalah tenar dengan ketiga bahan tersebut, namun tidak ada salahnya mencoba menggunakan daun pandan sebagai bahan alami hitamkan rambut.

Tanaman pandan yang sangat mudah kita jumpai di pekarangan rumah atau tempat teduh, tentunya tidak akan menyulitkan Anda untuk mendapatkannya. Setelah menemukan tanaman ini, siapkan 7 helai daunnya, 1 liter air, dan 3 buah mengkudu masak. Masker rambut herbal pun siap diracik.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci daun pandan hingga bersih. Kemudian potong daun pandan sepanjang 3 cm sembari memanaskan 1 liter air. Setelah mendidih, masukkan daun pandan dan rebus hingga air berubah warna menjadi kehijauan. Taruhlah air rebusan yang sudah disaring sebelumnya ke dalam wadah dan diamkan selama satu malam. Selepasnya disimpan, campurkan dengan jus mengkudu kemudian simpan ke dalam botol bersih.

Anda bisa gunakan ramuan masker rambut dari air daun pandan setelah bercampur dengan jus mengkudu. Oleskan secara merata pada rambut hingga kulit kepala. Terapkan masker ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun tidak disarankan menyimpan ramuan air daun pandan dan jus mengkudu melebihi waktu 2 minggu.

Mengaplikasikan ramuan herbal ini secara teratur dipastikan Anda akan segera memiliki rambut hitam berkilau dan seperti apa yang Anda dambakan. Namun harap berhati-hati, pasalnya tidak semua jenis rambut cocok menggunakan masker satu ini. Segera hentikan pemakaian ketika Anda mengalami iritasi. Pilihlah perawatan rambut alami yangs cocok dengan jenis kulit kepala Anda.