Cara Hemat Agar Rambut Yang Diwarnai Tetap Sehat

Mungkin orang-orang yang suka mewarnai rambut hanya mengetahui bahwa sebenarnya rambut yang sering di beri zat pewarna akan mudah rusak dan kusam, namun tidak sedikit pula yang tidak mengetahui bagaima cara agar rambut yang sering diwarnai itu tetap terjaga keindahannya.

Cara yang mudah agar agar rambut tetap terjaga keindahanya meskipun sering di kasih perwarna adalah ke salon, namun tentunya anda harus mrogoh saku lebih dalam alias mahal, tetapi tidak halnya cara-cara berikut, ada lima cara mudah aman dan hemat agar rambut yang sering anda warnai bisa tetap indah sehat dan kuat.

Perawatan dengan Shampo Khusus

Dalam mewarnai rambut anda harus tahu betul karakter dari rambut anda, dan kira-kira shampo  khusus apa yang cocok dengan karakter rambut anda, jangan sembarangan mengunakan shampo pewarna, salah-salah rambut anda rusak dibuatnya, untuk mengetahui shampo yang cocok tetnunya anda perlu berkonsultasi dengan pakar atau ahli dalam hal rambut.

Memberikan Nutrisi Rambut

Rambut normal saja harus mendapatkan nutrisi cukup agar tetap sehat dan indah, apalagi rambut yang sedang diwarnai, yang dapat di ibaratkan orang yang sedang tidak fit maka logikanya harus mendapatkan perhatian lebih tentang nutrisi yang diberikan, karena itu ketika rambut anda sedang posisi diwarnai jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang cukup dan teratur, dengan demikian kebutuhan kesehatan rambut anda akan terpenuhi.

Untuk menentukan vitamin dan nutrisi yang diberikan pada rambutpun anda perlu berkonsultasi dengan pakar rambut, setelah mendapatkan jenis vitamin yang cocok anda dapat menggunakannya pada saat keadaan rambut masih agak basah, sebab kondisi ini adalah kondisi terbaik vitamin dapat meresap ke dalam akar rambut.

Kondisioner Adalah Keharusan

Rambut akan terasa lebih tinggi tingkat kekeringannya pada saat diberi pewarna, karnanya memberikan kondisioner adalah suatu keharusan, jadi pada saat anda meearnai rambut anda jangan lupa untuk selalu memberikan kondisioner pada rambut ada agar kelembaban rambut anda senantiasa terjaga, dan rambut anda pun terlindungi.

Menghindari Penataan Rambut Yang Berlebihan

Sekali lagi saya katakan bahwa kondisi rambut yang sedang diwarnai adalah kondisi rambut yang kurang fit, anda harus memperlakukannya secara manja, hindari penggunaan alat-alat pengaturan rambut yang berlebihan dan yang berbahaya dan justru malah membuat rambut anda menjadi rusak dan kusam seperti catok dan atau hair dryer, krena panas yang ditimbulkan dapat merusak pigmen warna rambut anda, akibatnya rambut anda akan tampak pudar dan kusam.

Hindari Kontak Sinar Matahari Langsung

Cara terakhir agar rambut yang sendang anda warnai adalah anda cukup dengan berhati-hati untuk menghindari kontak sinar matahari secara langusng, cara apapun bebas anda lakukan yang penting rambut anda tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini karena kondisinya yang rentang sehingga kekuatan rambut yang sedang diwarnai tidak mampu menahan panas sinar matahari secara langsung.   

Akan lebih baik jika anda keluar ke tempat terbuka yang banyak mengandung sinar UV, anda memberikan vitamin pada rambut anda, dan gunakan pelindung ramput seperti topi atau payung.

Baca juga artikel tantang Cara Membuat Scrub Wajah yang Aman dengan Bahan Alami