cara merawat kuku kaki dan tangan agar terlihat bagus

cara merawat kuku kaki dan tangan agar terlihat bagus

Bagi sebagian besar wanita, memiliki kuku yang bersih dan indah akan membuat penampilan semakin oke. Seperti yang kita ketahui, kuku pun tumbuh setiap hari. Berdasarkan hasil penelitian, kuku tangan empat kali lebih cepat mengalami pertumbuhan dibanding kuku kaki. Kendati demikian, baik kuku tangan maupun kuku kaki haruslah sama-sama mendapatkan perawatan demi menunjang penampilan terlebih bagi seorang wanita.

Kuku panjang memang akan membuat seorang wanita tampil percaya diri. Namun jika kuku panjang tanpa diberi perawatan akan mudah sekali rapuh dan bahkan rontok. Apalagi jika kuku dibiarkan kotor, jelas akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan kuku sehat nan cantik. Tidak harus mahal, karena anda bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut.

1. Belimbing wuluh
Rahasia khasiat belimbing wuluh untuk perawatan kuku telah terungkap. Sangat efektif digunakan sebagai perawat kuku lantaran kemampuannya membersihkan kuku yang kotor, bahkan pada area yang sulit dijangkau. Cara pengaplikasiannya cukup gampang. Anda tinggal menggosok-gosokkan potongan belimbing wuluh pada kuku yang hendak dibersihkan kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya
Seakan tidak pernah habis membahas khasiat lidah buaya. Selain digunakan untuk perawatan rambut dan membasmi jerawat pada wajah, ternyata ada satu lagi manfaat lidah buaya, yaitu untuk membersihkan kuku akan terlihat sehat dan indah. Ambillah gel yang terdapat dalam batang lidah buaya untuk dioleskan pada kuku. Tak hanya bersih, kuku yang rutin dibersihkan dengan bahan ini juga tidak akan mudah rapuh dan patah.

3. Lemon
Buah satu ini terbukti mampu merawat kuku dan juga kulit di area kuku agar tetap sehat dan tidak mudah rapuh karena kaya akan kandungan vitamin C-nya.

Untuk menggunakan buah lemon sebagai perawat kuku, anda juga membutuhkan pasta gigi sebagai campurannya. Pertama, campurkan air perasan buah lemon dengan pasta gigi dan aduk hingga merata. Setelahnya, oleskan secara perlahan pada kuku dan kulit di sekitarnya. Jika sudah mengering, bilaslah dengan air sembari membersihkannya. Lakukan treatment ini dua kali dalam seminggu dan lihatlah perubahannya.

4. Bawang putih
Siapa sangka bumbu dapur yabg memiliki aroma khas ini bisa digunakan sebagai bahan alternatif untuk merawat dan membersihkan kuku. Hal ini karena kandungan di dalam bawang putih baik untuk digunakan sebagai penguat kulit kuku sehingga tidak mudah mengelupas. Anda tidak perlu ke salon, cukup ambil bawang putih secukupnya di dapur anda lalu mulailah menggosok-gosokkannya ke kuku. Atau bisa juga anda memarut dan menghaluskan bawang putih kemudian mengoleskannya pada kuku. Memang akan sedikit perih tapi lihatlah khasiat di balik itu.

5. Mencampurkan telur, miyak zaitun dan madu
Sudah pasti anda telah mengetahui khasiat dari masing-masing bahan di atas. Khasiatnya memang tidak perlu kita ragukan lagi. Kombinasi dari ketiganya dipercaya mampu mengatasi kuku yang kasar dan kering. Perawatan kuku pun semakin baik dan kuku tampak lembab dan lembut. Cara membuat ramuan ini, pertama panaskan dua sendok madu dan minyak zaitun. Sambil memanaskan kedua bahan ini, masukkan telur yang telah dikocok. Aplikasikan racikan ketiga bahan mujarab ini pada kuku anda setelah dingin.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu anda mendapatkan kuku yang tak sekedar cantik namun juga sehat.