cara menyembuhkan asam urat secara alami

Penyakit asam urat adalah suatu penyakit yang sangat membahayakan bagi manusia dewasa ini, penyakit ini disebabkan dari sisa metabolisme zat purin,
yaitu suatu zat dari sisa-sisa makanan yang selalu kita konsumsi sehari-hari.
Kata Asam Urat diambil dari bahasa Inggris (uric acid, urate) yang berarti senyawa turunan purina.

Asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina pada manusia. Sebab ketidak adanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin.
Indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia itu disebabkan karena Kelebihan atau kekurangan (hiperurisemia, hyperuricemia) atau (hipourisemia, hyporuricemia)
kadar asam urat dalam plasma adrah.

Namun perlu diketahui, bahwa kadar asam urat yang berlebihan juga dapat menimbulkan batu ginjal dan/atau pirai di persendian, untuk itu kita harus waspada terhadap
sisa-sisa makanan yang kita konsusmsi sehari-hari, karena itu bisa menyebabkan zat purin secara berlebihan.


Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Lalu Purin diolah tubuh menjadi asam urat, akan tetapi jika kadar asam urat
berlebihan, maka dapat dipastikan ginjal tidak mampu mengeluarkan, sehingga yang terjadi adalah kristal asam urat terus menumpuk di persendian.
Akibatnya sendi-sendi kita terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Zat purin itu suatu zat yang ada dalam semua makhluk hidup. Manusia juga salah satu makhluk hidup yang tidak lepas dari zat purin, apalagi jika kita sering mengkonsumsi
atau memakan makhluk hidup lain, maka zat purin yang ada di dalam makhluk hidup tersebut akan pindah ke dalam tubuh kita. Begitu juga sayur-sayuran dan buah-buahan
juga terdapat zat purin.
Purin ini juga bisa timbul dari hasil perusakan sel-sel tubuh kita yang terjadi secara normal atau bahkan bisa timbul karena penyakit-penyakit tertentu.
Karena itulah biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena pada orang tua atau usia lanjut itulah yang memiliki penumpukan bahan purin ini.

Solusi Untuk menyembuhkan penyakit ini atau setidak-tidaknya untuk antisipasi agar dapat mengurangi penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya :

1. Menghindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting)
2 Menghindari makanan kaleng (kornet, ikan sarden dan ekstrak daging), kaldu atau kuah daging yang kental.
3. Menghindari makanan jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak)
4. Menghindari makanan seperti emping/melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong/ubi, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol.
5. Menghindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
6. Menghindari makan buah durian, alpukat, nanas, air kelapa.
7. Menghindari minuman dan makanan beralkohol.
8. Menghindari Makanan kaya protein, lemak dan darah.
9. Menghindari Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
10. Menghindari makan Es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
11. Menghindari makanan Dari jenis daging, seperti Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.

Anjuran bagi penderita asam urat:

1. Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti tomat, kentang, yogurt dan pisang.
2. Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
3. Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
4. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong/ubi dan roti.
5. Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
6. Jangan minum aspirin.
7. Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
8. Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
9. Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.
10. Makanan yang aman dimakan, beberapa di antaranya adalah: ikan yang bersirip dan bersisik, daging ayam, telur, keju, susu dan beberapa buah-buahan.
11. Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih bisa dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh,
untuk itu sebaiknya minum air putih minimal 8 – 10 gelas per hari,