cara mengobati kanker prostat secara alami

cara mengobati kanker prostat secara alami

 

Tak ubahnya penyakit seksual lainnya, kanker prostat juga termasuk ke dalam deretan penyakit yang ditakuti banyak orang lantaran bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani. Pembesaran prostat tak mengenal batas usia, siapapun bisa jadi korbannya.

Hakikatnya, semua pria memiliki resiko terserang penyakit kanker prostat di usia lansia terlebih bagi mereka yang menghabiskan masa mudanya dengan gaya hidup tidak. Potensi terserang kanker prostat lebih besar terjadi jika pria tersebut kurang memperhatikan kesehatan secara menyeluruh dan jarang melakukan perawatan tubuh. Di Amerika Serikat, kanker ini menjadi pembunuh nomor lima terganas dimana pria dengan rentan usia 50 tahun ke atas menjadi korban paling banyak.

Kanker prostat memang perlu diwaspadai. Usahakan untuk menyadari bahaya kanker ini sedini mungkin atau di saat masih usia muda karena sejatinya segala penyakit tidak akan bersarang dalam tubuh kita jika kita mau berusaha mencegahnya. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah atau menurunkan resiko kanker prostat adalah dengan mengubah gaya hidup yang terlanjur kurang sehat dan memperbaiki pola makan. Dengan membiasakan diri untuk hidup sehat, diyakini mampu menurunkan resiko terjangkitnya kanker prostat hingga menurunkan potensi kematian di usia tua akibat kebiasaan tidak sehat saat muda dulu.

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya, gaya hidup seperti apa yang mampu menurunkan resiko kanker prostat. Salah satu cara mudah yang bisa Anda mulai dari sekarang adalah lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, terutama dari jenis organik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan National Cancer Institute mengungkapkan bahwa kandungan nutrisi dalam buah dan sayuran sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Salah satu referensi buah yang bisa Anda gunakan untuk mencegah kanker prostat adalah tomat. Buah berwarna merah ini mungkin sering Anda jumpai di dalam masakan sop atau minuman jus. Namun tahukah Anda, di balik kesegarannya ternyata buah tomat mengandung khasiat yang luar biasa. Selain digunakan kaum hawa untuk mempercantik kulit, tomat juga sangat bermanfaat bagi kaum adam. Dibuktikan dalam studi klinis, pasokan likopen (lycopene) yang terkandung dalam buah tomat mampu menurunkan resiko seorang pria dari jeratan kanker prostat. Tidak salahnya jika menambahkan tomat dalam daftar menu sayuran Anda.

Ketika mengolah buah kaya likopen seperti tomat, semangka, atau jeruk, sangat dianjurkan untuk memasangkannya dengan bahan dari lemak baik seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Lemak disini berfungsi membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap likopen dan mengolahnya dengan baik. Menggabungkan makanan-makanan kaya nutrisi lebih baik ketimbang mengkonsumsinya secara terpisah.

Jika Anda penggila brokoli, tidak ada salahnya mencampurkan tomat dan brokoli dalam satu menu santapan Anda. Selain bisa menurunkan resiko kanker prostat, gabungan buah dan sayur ini dipercaya mampu mengecilkan tumor prostat.

Untuk mendapatkan asupan gizi maksimal, ada baiknya menggunakan tomat jeruk yang memiliki zat likopen lebih banyak dari jenis tomat lainnya. Waspadai pula tomat dalam kemasan kaleng. Pasalnya, kandungan natrium yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan..

Puasa mengobati prostat