penyebab dan cara mengobati nyeri payudara saat menstruasi

  Nyeri di payudara saat menstruasi merupakan suatu penyakit yang bakal di rasakan rutin para wanita dewasa setiap bulannya dan Kondisi tersebut tentu saja membuat Ibu menjadi tak nyaman dan juga membuat Ibu menjadi khawatir. Apakah rasa nyeri payudara menjelang menstruasi berbahaya dan mengapa kondisi tersebut bisa terjadi? Para Pakar menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan hal yang wajar pada wanita saat mengalami nyeri di ayudara saat menstruasi yang di karenakan adanya perubahan hormon yang menyebabkan perubahan ada saluran dan lobulus payudara. payudara memiliki 15-20 lobulus yang bercabang cabang hingga menjadi lobilus yang kecil yang beujung pada bola dan cairan di mana cairan susu berasal dari bola tersebut . biasanya timbulnya nyeri pada payudara saat menstruasi terjadi saat produksi estrigen meningkat yang menyebabkan pelebaran pada susu payudara yang menyebabkan bertambahnya secara signifikan ukuran susu payudara dan biasanya terjadi pada pertengahan saat menstruasi hingga akhir menstruasi. Nyeri payudara saat menstruasi akan bertambah pada wanita yang menggunakan PIL KB dan mengkonsumsi kafein seperti pada kopi

Cara mengobati nyeri payudara saat menstruasi

tidak seombangnya pertumbuhan hormon saat menstruasi menjadi penyebab nyeri payudara saat menstruasi , mka sebaiknya untuk menjaga keseimbangan hormon saat menstruasi dengan cara berikut ini :

  • Menggunakan bra yang tidak sempit, agar memberikan kenyamanan untuk anda dengan berbagai aktifitas.
  • Melakukan Pola Makan yang sehat, dengan menghindari makanan tinggi garam dan sodium
  • Hindari konsumsi Kafein, untuk mengurangi resiko nyeri payudara menjelang siklus menstruasi.
  • Memperbanyak konsumsi vitamin A, B6 dan E, dapat meminimalkan pembengkakan dan nyeri payudara.hormon dalam tubuh.
  • Mencukupkan konsumsi air putih  dan mengompres payudara saat nyeri bisa menjadi alternatif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada panyudara akibat Sindrom Pramenstruasi (PMS).

Payudara yang terasa nyeri menjelang menstruasi dapat dikurangi dengan mengonsumsi obat antiradang sederhana. Namun, jika nyeri terlalu akut, segeralah konsultasi ke dokter.

gambar wanita ganti pembalut , meredahkan sakit di payudra saat pms