Berjalan Tanpa Alas Kaki dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Diakui atau tidak sering kita menjumpai orang-orang kaya yang hidup di kota, tidak sedikit yang mengidap penyakit serius yang lebih parahnya lagi banyak di antara mereka hingga meninggal. Dan di pedesaan, banyak orang-orang yang tetap sehat sampai tua. Ternyata terdapat rahasia pada pola hidup sehari-hari pada keduanya (orang perkotaan dan orang pedesaan) sejak dari kecilnya.

Orang perkotaan sering pergi ke kantor memakai sepatu, atau kalau di kantor sepatu dilepas kemudian memakai alas kaki atau sandal. Sedangkan di ruma mereka uga masih memakai sendal dengan alasan dingin, atau kalau tidak beralas kaki, kakinya juga masih di lantai yang kondisi lantai halus dan rata. Sebuah penelitian terbaru menyatakan, dengan berjalan kaku tanpa alas kaki, lebih-lebih pada jalan berkerikil, dapat menjadikan tidur menjadi lebih berkualitas dan meminimalisir peradangan. Percaya atau tidak, penyataan demikian telah di dukung oleh para pakar kesehatan.

Berikut manfaat berjalan tanpa alas kaki:

Pertama

Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu meminimalkan peradangan dalam tubuh Anda. Beberapa sumber mengatakan, kaki Anda dapat menikmati efek antioksidan atau senyawa-senyawa yang melindungi sel-sael tubuh dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya, karena itu ketika terkena tanah secara langsung akan membantu dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh Anda. 

Kedua

Dipungkiri atau tidak jida anda secara rutin melakukan berjalan tanpa alas kaki di pagi hari beberapa menit saja, namun rutin, yang akan anda peroleh kesegaran tubuh dan fikiran menjadi tenang, karna inilah berjalan tanpa alas kaki langsung menyentih tanah, berkerikil lebih baik, bukan pada jalan aspal ataupun cor-coran, ini dapat mencegah depresi dan stres.    

Ketiga

Jika Anda menderita insomnia (kesulitan tidu yang disebabkan karena penyakit ataupun permasalahan psikologis), yang perlu anda lakukan adalah berjalan tanpa alas kaki. Karena dengan berjalan tanpa alas kaki akan meminimalkan kadar kortisol (hormon yang memiliki efek metabolik terhadap beragam organ dan jaringan tubuh, termasuksistem kardiovaskular, sistem saraf pusat, sistem renal dan sistem fetus), sehingga meningkatkan kualitas tidur Anda.

Keempat

Berjalan tanpa alas kaki juga dapat mempercepat proses penyembuhan bagi tubuh, hal ini semacam pijat syaraf secara alami yang dilakukan oleh bumi dan kerikil yang ada diatasnya. Selain itu, mekanisme perbaikan jaringan tubuh juga bekerja dengan baik. Tidak diragukan lagi anda perlu mencoba berjalan-jalan tanpa alas kaki dan menikmati manfaatnya. 

Kelima

Sebuah penelitian mengatakan, berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi risiko kardiovaskular atau sistem peredaran darah yang yang berfungsi memindahkan suatu zat ke sel dan dari sel. Hal ini juga meminimalkan masalah kecil tertentu seperti kembung, sakit kepala, kelelahan dan stres.

Keenam

Berjalan dengan tanpa alas kaki juga dapat mencegah reumatik dan kaki kesemutan, hal ini karena pijat alami oleh bumi akan memperlancar pererdaran dari pada kaki anda, sehingga ganguan-gangguan yang berhubungan dengan peradaran darah akan teratasi.

resep kaki naga ikan tongkol , resep batagor rebon jalanan ala chef table