pentingnya tidur yang cukup untuk aktivitas sehari hari

Para ahli sepakat bahwa hal yang paling bisa diandalkan untuk tetap terjaganya kesehatan tubuh adalah seimbangnya aktifitas tubuh antara waktu istirahat dan beraktifitas. Seimbang bukan berarti sama-sama lama dalam menjalani keduanya, akan tetapi seimbang yang dimaksud adalah dengan memeberikan porsi proporsional bagi tubuh untuk bekerja dan untuk istirahat.

Bagaimanapun juga kebahagiaan anda adalah bergantung pada kesehatan anda, dan kesehatan anda tergantung dari bagaimana anda mengatur aktifitas tidur yang cukup bagi anda dengan baik, jika kubutuhaan tubuh untuk tidur terpenuhi sudah seharusnya kesehatan tubuh juga terpenuhi, sebaliknya jika anda mengalami kekurangan tidur, fungsi kognitif akan merosot pada level yang jauh dari ideal, dan hal ini akan membuat orang sangat sulit malekukan aktifitas sehari-hari yang mereka lakukan. Kondisi ini secara serius akan mempengaruhi suasana hati, memori dan sebagainya, kebiasaan dan pola hidup.

Waktu yang paling ideal untuk tidur dala semalam adalah sembilan jam, waktu yang paling baik adalah delapan jam dan minimal adalah tujuh jam semalam, maka kebutuhan istirahat yang diperlukan oleh tubuh telah terpenuhi. Dan apabila sampai kurang tujuh jam dalam semalam, dan hal ini berlangsung lama akan beresiko mengalami gejala depresi. Sebaliknya bila kebutuhan tidur terpenuhi kesehatan otak dan mental akan terjaga.

Terkadang akan akan mengalami sesekali keadaan dimana anda sangat untuk tidur, padahal niat hati hati ingin sekali bisa tidur, jangan dipaksakan, hal yang paling tepat anda lakukan adalah bangkit dari tidur dan melakukan aktifitas yang bisa membuat anda mengantuk seperti membaca, menulis atau lainnya, dan jika sudah mengalami kantuk baru anda coba untuk tidur kembali. Kekurangan waktu istirahat juga bisa meningkatkan stres dan rasa khawatir dan gelisah, dan ini akan membuat situasi otak anda menjadi lebih buruk.

Manfaat lain yang diperoleh dari kecukupan tidur dalam sehari semalam adalah membantu mempertajam daya ingat anda. Menurut penelitian oleh para ahli otak yang diistirahatkan dengan cukup akan membantu dan mendorong otak memiliki daya ingat yang kuat. Pikiran yang cukup mendapat waktu istirahat, akan lebih mudah mengingat tugas-tugas anda, kejadian-kejadian ayang anda alami dan bahkan anda dapat menginga nama guru-guru anda saat masih kecil.

Membuat perasaan menjadi lebih baik adalah manfaat lain yang diperoleh karena memberikan waktu cukup untuk istirahat pada tubuh anda. Mungkin anda pernah merasa ingin marah-marah saat lapar, ini wajar, dan tak ubahnya dengan rasa marah saat kekurangan nutrisi makanan, kekurangan tidur pun dapat memicu rasa marah dan bahkan terkadang emosinya lebih sulit untuk dikendalikan.

Tidur yang cukup dapat membantu mengoptimalkan seseorang mengambil keputusan penting. Mungkin anda pernah melihat ketika seseorang memutuskan sesuatu sambil berfikir dan memejamkan mata, ini dilakukan tidak lain ia ingin mengkonsentrasikan otaknya pada hal yang ingin diambil keputusan. Ini artinya tidak tepat mengambil keputusan pada saat otak kelelahan, dan untuk menghindari otak kelelahan adalah dengan mengistirahatkannya dengan baik.

Dengan tidur yang cukup akan meningkatkan fokus pada tugas anda. Kalau memang anda tidak cukup tidur untuk diri anda sendiri lakukanlah untuk tidur yang cukup demi pekerjaan anda.

Tidur yang cukup akan menjadikan anda lebih mudah menyelesaikan pekerjaan anda dibanding anda menenyesaikan persoalan saat tubuh mengalami kekurangan tidur. Tidur yang cukup akan memperbaiki metode belajar dan kemampuan menyelesaikan masalah.

doa bangun tidur agama kristen , hotbah idul fitrih