Waspada Bahaya Ramuan Jahe Untuk Janin Ibu Hamil Wajib Baca

apapun di bumi di bumi ini akan bermanfaat jika diberikan kepada yang tepat, mungkin itu ungkapan yang pas untuk tanaman yang satu ini. Walaupun banyak sekali manfaat dan kahsiatnya namun jahe ternyata juga bisa berbahaya jika diberikan kepada orang yang tidak tepat, satu contoh ibu hamil.

Mengkonsumsi jamu tradisional bagi ibu hamil harus sangat hati-hati dan dalam pengawasan pakar kesehatan, sebab tidak menutup kemungkinan justru akan berpengaruh buruk bagi sang janin, sebagaimana yang diungkapkan oleh pakar kesehatan Dr Raymond R Tjandrawinata, PhD, Direktur Eksekutif Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS). 

“Sebenarnya jika telah dilakukan penelitian dan dikemas dalam bentuk obat dan kapsul tidak bermasalah. Akan tetapi jikalau masih jamu sebaiknya hindari atau jangan berlebihan. Dikhawatirkan akan terjadi malformasi terhadap janinnya,” sambung Raymond dalam sebuah media sosial.

Baca juga : Bahaya Ruang AC Bagi Bayi Orang Tua Wajib Tau

Malformasi disini lebih tepat diartikan dengan gangguan pertumbuhan pada janin, bukan merupakan tumor atau kanker namun lebih kepada sindrom. Pemicu lain dari tanaman jahe adalah kandungan zat aktif dalam jahe yang dapat memicu kontraksi pada ibu hamil. Apabila kontraksi ini sampai benar-benar terjadi bisa mengakibatkan kan bayi bisa lahir secara prematur atau lair sebelum waktunya.

dikatakan berbahaya biasanya sesuatu yang keluar dari seharusnya, sama halnya disini meskipun “berbahaya” bukan berarti seorang ibu hamil tidak berarti tidak boleh mengkonsumsi jahe sama sekali. Boleh-boleh saja apabila jahe digunakan untuk sekedar bumbu bahan masakan. Dan bahkan dalam ukuran yang tepat meminum air jahe bagi ibu hamil bermanfaat meredakan morning sickness.

Beerdasarkan dari 12 studi dan penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Health mengatakan secara signifikan mengkonsumsi 1,1 hingga 1,5 gram jahe stiap hari dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah akibat morning sickness.

Kalau hanya mengkonsumsi satu siung jahe saja tentunya tida ada masalah dan tidak berbahaya. Yang berbahaya apabila dikonsumsi terlalu banyak dan sering, jangankan jahe, obat apapun jika dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dosis yang seharusnya tentunya akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

ibu hamil kontraksi , kontraksi Wanita hamil