Manfaat&Khasiat Mengkudu Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Banyak sekali dari kita yang sudah tahu apa dan bagaimana tanaman mengkudu, namun tidak banyak yang tau akan manfaat dan khasiat dari tanaman mengkudu, sebelum kepada manfaat, berikut ini klasifikasi tanaman mengkudu:

Divisi : Spermatophyta; Sub divisi: Angiospermae; Kelas: Dicotyledoneoe; Bangsa: Rubiales; Suku: Rubiaceae; Marga: Morinda; Jenis   :Morindo citrifolia L.

Nama lokal : Keumudu (Aceh); Leodu (Enggano); Bakodu (Batak); Bangkudu (Batak Toba); Bangkudu (Angkola); Paromai (Mandailing); Makudu (Nias); Neteu (Mentawai); Bingkudu (Minangkabau); Mekudu (Lampung); Bengkudu (Melayu); Paee (Jawa Tengah); Cangkudu (Sunda); Kuduk  (Madura); Wungkudu (Bali); Mongkudu (Dayak Ngaju); Aikombo (Sumba); Manakudu (Roti); Bokulu (Timor).

Mengkudu termasuk jenis kopi-kopian, la dapat tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1.500 MDPL.

Mengkudu merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Ia mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8m. Daunnya bersusun berhadapan, panjang daun 20-40 cmn dan lebar 7-15 cm. Bunganya berbentuk bungan bongkol yang kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau mengkilap dan berwujud buah buni berbentuk lonjong dengan  variasi trotol-trotol. Bijinya banyak dan kecil-kecil terdapat dalam daging buah.

Buah mengkudu yang telah masak mempunyai aroma yang tidak sedap, namun mengandung sejumlah zat yang berkhasiat untuk pengobatan. Adapun kandungan zat tersebut antara lain morinda diol, morindone morindin, damnacanthal, metil asetil, asam kapril dan sorandiyiol.

Setiap obat apa pun, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang atau dengan takaran yang sembarangan atau dengan dosis yang tidak seharusnya tentunya akan menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh kita. Termasuk juga buah mengkudu, selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, buah pahit ini ternyata dapat menimbulkan beberapa efek samping yang serius seperti gagalnya kerja organ tubuh kita. Yaitu:

Kemungkinan Keguguran dan Potensi Bahaya Saat Menyusui

Menurut sejarahnya, buah mengkudu memang digunakan untuk membuat wanita keguguran saat kehamilan yang tidak diinginkan terjadi, atau janin di dalam kandungan berpotensi membahayakan nyawa sang ibu. Oleh karena itu buah mengkudu yang juga dikenal dengan nama buah ‘noni’ ini tidak boleh dikonsumsi ibu hami. Untuk iu yang menyusui, karena beberapa kemungkinan buah ini mempengaruhi kualitas ASI yang diberikan, sebaiknya juga dihindari.

Gangguan Ginjal

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat potasium yang tinggi dapat mengakibatkan gangguan ginjal. Nah, kandungan potasium yang tinggi pada buah mengkudu dikhawatirkan dapat mengganggu kerja ginjal jika dikonsumsi selama dua minggu berturut-turut.

Gangguan Hati

Kandungan zat yang beragam dalam buah mengkudu dikhawatirkan mampu mempengaruhi kinerja hati jadi semakin berat jika dikonsumsi dalam jangka panjang, misalnya lebih dari dua minggu.

Meskipun terdapat bahanya akan tetapi juga snagat banyak manfaatnya, antara lain:

Mengobati Hipertensi

Siapkan 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sdm madu. Kemudian buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai meralta kemudian disaring. Diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Mengobati Sakit Kuning

Sediakan 2 buah mengkudu yang telah masak di pohon 1 potong gula batu. Kemudian buah mengkudu diperas untuk diambil kemudian dicampur dengan madu sampai me disaring. Diminum dan diulangi 2 hari sekali.

Mengobati Demam

Siakan 1 buah mengkudu, 1 rimpang kencur. Kemudian bahan-bahan tersebut direbus dengan 2 gelaas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Setelah itu ramuan diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Mengobati Batuk

Siapkan bahannya yaitu : 1 buah mengkudu, ½ genggam daun poo (bujanggut), kemudian bahan-bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Cara menggunakannya ramuan diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Mengobati Sakit Perut

Bahan yang harus disiapkan adalah 2-3 daun mengkudu. Kemudian bahan-bahan ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin disaring dan diminum.

Menghilangkan Sisik pada Kaki

Buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Kemudian bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.