Cara Mengobati Jerawat Dengan Mudah dan Cepat Versi Rasulullah SAW

Sejak ribuan tahun yang lalu ternyata permasalahan jerawat sudah ada, yaitu pada masa Rasulullah SAW, diriwayatkan ketika Rasulullah mengumpulkan para isteri beliau, salah diantaranya ada yang wajahnya dipenuhi oleh jerawat, kemudian Rasulullah SAW menganjurkan agar mengobatinya, dan obat apakah ini? Berikut ulasannya.

Selain mengajarkan tentang akidah dan ibadah Agama Islam juga mengkaji tentang mubasyarah yang membahas tentang seluruh aspek kehidupan manusia yang contohkan melalui kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Termasuk diantaranya adalah cara mengobai jerawat dengan cara-cara yang pastinya jauh dari efek samping, karena kita tahu pada zaman Rasul belum ada teknologi secanggih saat ini, dan tentunya masih menggunakan bahan-bahan alam yang sangat aman.

Jerawat dalam bahasa Arab disebut dengan batsrah. Arti dasar dari kata ini adalah benjolan kecil dibawah kulit ari disebabkan karena panas tubuh dan kemunculannya secara alami.

Dalam sebuah hadits Riwayat Ibnu As-Sunni yang dikisahkan dari beberapa isteri Rasulullah SAW, salah satu dari mereka menceritakan kisahnya, bahwa pada suatu waktu Rasulullah SAW menemui mereka, dan salah dari mereka terlihat wajahnya berjerawat, kemudian Rasulullah SAW bertanya, “Apakah kamu mempunyai minyak dzarirah?” Mereka menjawab, “punya”. Kemudian Rasulullah SAW berkata, “Oleskanlah pada jerawatmu itu sambil membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini.” Hadits ini diakui oleh Adz-Dzahabi, dikeluarkan oleh Al-Hakim dan sanadnya adalah shahih.

Dzarirah adalah minyak wangi yang dihasilkan dari penyulingan batang pohon arum. Minyak ini bersifat panas dan mengeringkan, sehingga apabila dioleskan pada bagian kulit yang terkena jerawat akan terasa panas dan dapat mengeluarkan isi jerawat, selain itu juga mampu menghasilkan aroma harum dan wangi pada kulit yang diolesi minyak ini.

Tanaman arum yang merupakan bahan dasar dari minyak dzarirah ini banyak dijumpai di negara India, disana tanaman ini dibudi dayakan hingga saat ini, selain untuk mengobati jerawat tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti liver, radang lambung dan dehidrasi, serta dipercaya dapat menguatkan jantung.

Baca juga : Cara Mengatasi Tretch Marks dan Selulit Dengan Gula dan Garam

Meskipun Rasulullah SAW hanya memerintahkan untuk mengoleskan minyak ini pada jerawat, dan tidak menjelaskan secara spesifik alasannya, namun dipercaya minyak ini dapat menyembuhkan jerawat teruta dibagian wajah.

Dan terispirasi dari kisah ini pula kemudian muncul bergabagi metode penyembuhan jerawat yang terkait dengan cara Rasulullah ini, beberapa diantaranya yaitu:

Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun ini sering digunakan untuk memijat dan urut pada tuguh yang pegal-pegal. Tak ubahnya dengan untuk mengurut dan memijat tubuh, untuk mengobati jerawat dengan minyak zaitunpun sama, yaitu dibuat untuk memijat pada wajah yang berjerawat atau bekas jerawat, lakukan secara rutin dua kali sehari, dan pada bagian yang berjerwat lakukan pemihatan melingkar perlahan selama lima menit, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit agar minyak zaitun bereaksi.

Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat tanpa sabun muka, kemudian keringkan dan proses ini rutin dilakukan sebelum tidur.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Kelapa

Minyak keplapa bagi sebagian orang memang dipercaya dapat menyembuhkan jerawat, namun perlu diwaspadai sebelum menggunakan meinyak kelapa untuk mengobati jerawat, pilihlah minyak kelapa yang murni dan tidak mengandung non-comodogenic, serta kaya akan vitamin E dan asam laurat yang berfungsi menangkal bakteri dan kuman jahat.

Adapun caramenggunakannya adalah dengan membersihkan wajah anda terlebih dahulu sebelum tidur dengan sabun muka dan keringkan, kemudian olesilah wajah anda dengan minyak kelapa dengan menggunakan kapas, hanya bagian yang ada jerawatnya saja, kemudian bawa tidur hingga pagi, setelah bangun bersihkan dengan air hangat, proses ini dapat anda lakukan dua hingga tiga kalai dalam seminggu.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Tawon

Hampir sama dengan penggunakan minyak kelapa, untuk mengobati jerawat dengan minyak tawon, terlebih dahulu pilihlah minyak tawon yang higienis, anda dapat mendapatkan di toko obat ataupun apotek dengan tingkatan kualitas yang berbeda. Caranya tuangkan minyak tawon pada kapas dan oleskan pada wajah yang ditumbuhi jerawat setiap malam sebelum tidur yang sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu dengan pembersih muka, dan bersihkan dipadi harinya dengan air hangat lakukan secara rutin selama seminggu, jerawat akan mengering dan hilang tanpa bekas.

Namun hati-hati, jika anda menggunakan dalam dua hari kulit terasa panas dan memerah atau bahkan terasa perih, hentikan penggunaan, jangan diteruskan karena kulit anda terlalu sensitif dan tidak cocok menggunakan obat ini.

Minyak tawon ini dapat digunakan untuk obat jerawat lantaran minyak ini mengandung antibakteri, vitamin A dan E.

Cara Mengobati Jerawat Dengan Minyak Kayu Putih

Yang menjadi sebab tumbuhnya jerawat pada kulit wajah adalad karena bakteri merugikan yang menyumbat pori-poti kulit wajah, dan sifat dari minyak kayu putih mampu membunuh bakteri merugikan tersebut, sehingga jika jerawat diolesi minyak kayu putih, dengan rutin, maka dalam jangka waktu beberapa hari jerawat akan mengempes dan hilang.

Demikian tips kesehatan dari detikindonesia.com semoga bermanfaat.

efek samping minyak tawon untuk jerawat , cara menghilangkan jerawat dan bekasnya pakek minyak tawon , efek samping minyak dzarirah untuk jerawat , efek samping minyak tawon untuk wajah