Cara Mencegah Kanker dengan Menghidari 7 Gaya Hidup ini

Penderita penyakit kanker di Indonesia setiap tahunya selalu meningkat, peningkatan ini sebagian besar disebabkan pola hidup yang tidak sehat.

Kanker disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Sebagaimana dikatakan oleh Mardiah Suci Hardianti PhD SpPD, seorang Ahli Hematologi Onkologi Medik UGM, bahwa faktor internal adalah faktor dari dalam individu terkait dengan kerentaan tubuh si penderta sehingga mudah terserang penyakit. Dan faktor eksternal atau faktor dari luar adalah dari pengaruh lingkungan luar dan pola hidup yang tidak sehat.

Faktor Penyebab Kanker Nasofaring

Selain itu infeksi virus juga dapat menyebabkan kanker, sebut saja virus Epstein Barr atau EBV yang dapat menimbulkan kanker nasofaring, yaitu kanker yang tumbuh dan berkembang dibagian rongga belakang hidung di langit-langit rongga mulut, penyakit ini sering dijumapi di negara China, Hongkong, Thaliland, Malaysia dan juga Indonesia.

Faktor Penyebab Kanker Rahim

Kanker ini disebabkan leher rahim terserang oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, istilah kanker leher rahim sering disebut dengan istilah serviks. Di negara Indonesia hanya 5% melakukan penanggulangan kanker ini, sehingga 77% penderita yang terkena kanker ini diketahui sudah mencapai stadium lanjut (III ke-atas), hal ini dikarenakan pada tahap stadium awal penyakit ini tidak terdeteksi.

Faktor Penyebab Kanker Hati

Kanker ini muncul dari dari dalam hati itu sendiri, bukan dari keganasa organ tubuh lain, penyebabnya adalah virus Hepatitis-B. Adapun gejala yang dirasakan oleh penderita adalah rasa nyeri pada hati, pembesaran hati, sakit perut yang sangat, dan ikterus atau gangguan hati lainnya.

Kedua faktor yang dapat memicu timbulnya kanker tersebut pada ujungnya akan berakibat perubahan gen, dan perubahan inilah yang memicu timbulnya kanker. Namun dari sekian banyak penderita kanker lebih banyak disebabkan oleh faktor luar atau pola hidup yang tidak sehat.

Untuk meminimalisir banyaknya penderita penyakit kanker, para pakar kesehatan menghimbau agar senantiasa membiasakan pola hidup sehat sejak dini, serta menjauhkan diri dari berbagai faktor dan resiko yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Dengan demikian kanker dapat dicegah sejak awal, kalaupun toh terkena tidak langsung pada stadium yang tinggi.

Baca Juga : Cara Mengobati Jerawat Dengan Mudah dan Cepat Versi Rasulullah SAW

Pola hidup yang wajib anda lakukan agar tidak mudah terserang penyakit kanker adalah menghindari asap rokok (baik perokok aktif maupun pasif), menghindari polusi, tidak terlalu sering terkena sinar UV yang berlebihan, tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol, serta tidak melakukan diet rendah serat. Selain menghindari pola hidup yang tidak sehat tersebut tentunya juga harus di dukung dengan aktifitas fisik yang menjadikan tubuh sehat dan kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker yang disebabkan oleh virus adalah dengan melakukan vaksinasi.

cara mengobati jagung buli