Cara Membedakan Sakit Pinggang Karena Batu Ginjal dan Sakit Pinggang Biasa

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit pinggang atau nyeri pinggang, namun tak jarang diantara mereka yang belum bisa membedakan mana sakit pinggang biasa dan mana sakit pinggang yang disebabkan ganggunan pada ginjal? Bagaimana cara membedakannya?

Sebagaimana telah dipaparkan oleh  dr Tunggul D Situmorang, SpPD, K-GH, FINASIM yang merupakan seorang dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal, bahwa mengenali nyeri pinggang karena penyakit ginjal atau bukan tidaklah sulit.

Secara umum nyeri pinggang di tengah sering dirasakan pasien gangguan ginjal, namun begitu juga berlum pasti.

Sakit pinggang apakah gejala ginjal? Memang pinggang memang identik dengan penyakit ginjal, sebenarnya deteksi seseorang mengalami gangguan ginjal dapat dengan mudah milakukan, jika sakit pinggang ditengah dan diserai dengan sering buang air kecil, kemungkinanan terdapat gangguan pada ginjal, anda, segera periksakan kepada dokter ahli tentang penyakit dalam.

Penyakit ginjal memang tidak bisa dihilangkan, semua orang berpotensi untuk memilii penyakit ginjal, namun dapat di cegah sejak dini.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh dr Tunggul D Situmorang, SpPD, K-GH, sorang sepsialis penyekit dalam yang merupakan

Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, yaitu Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH., juga menjelaskan bahwa sakit pinggang banyak pemicunya, dari mulai yang enteng hingga pada penyebabnya yang berat atau serius. Namun, beberapa besar yaitu tak serius serta lebih baik dengan sendirinya, Bagaimana Anda duduk, berdiri, bekerja, rutinitas mengangkat suatu hal, pola hidup Anda, merokok kesibukan berolahraga, rutinitas makan, minum, stres, type kelamin. Umur serta bahkan juga aspek turunan turut memastikan keluhan nyeri pinggang ini.

Berkenaan dengan keluhan Saudara, saya belum bisa dengan cara tentu memastikan penyakit apa yang Saudara alami. Cuma saja, yang butuh Saudara kenali kalau satu nyeri pinggang yang dikarenakan oleh batu pada ginjal bakal memberi tanda-tanda yang khas, di antaranya:

  • Nyeri bersifat kolik, datang tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, Anda bisa berguling-guling karena kesakitan ini.
  • Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.
  • Nyeri juga sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.
  • Buang air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah.
  • Urine punya aroma tidak enak, atau bau.
  • Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.
  • Buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi,  penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.

Jadi, apabila seseorang mengalalami nyeri pingggang mirip beberapa gejala diatas, peluang nyeri pinggang itu yaitu akibat batu ginjal. Namun, untuk memastikannya, baiknya Anda lakukan kontrol selanjutnya, sekurang-kurangnya X-ray serta USG.

Butuh diingat juga kalau batu ginjal kerap tak memberi tanda-tanda apa-apa atau tak demikian mencolok hingga diabaikan pasien. Sangat dianjurkan sebelum memlakukan pemerikasaan berlanjut sebaikanya mengkonsumsi air meneral lebih banyak dari biasanya, kurangi mengkonsumsi gula dan garam, dan jika anda termasuk orang yang sering duduk, maka berusahalah untuk bangkit dari duduk anda setiap setengah atau satu jam sekali.