Ciri Dan Tanda Pengapuran Pada Tulang Sendi Lutut

Persendian lutut anda merasa sakit pada waktu berjalan ataupun pada saat jongkok, anda harus berhati-hati, bisa jadi ini bukan penyakit ringan, ini merupakan ciri dan tanda pengapuran pada tulang sendi lutut, dan mungkin saja Anda sedang terserang pengapuran sendi. Pengapuran sendi stadium awal umumnya ditandai dengan nyeri serta lemas dan linu sesudah tak bergerak dalam kurun waktu agak lama, hal ini bisa terjadi setelah berdiri lama ataupun setelah jongkok lama, dan bisa juga terjadi pada saat bangun tidur.

Gejala Pengapuran Tulang Sendi

Umumnya sendi akan teras sakit bila dipakai untuk melakukan berbagai aktivitas, umpamanya naik turun tangga rumah, sekolah atau yang lainnya, jongkok, atau jalan dalam kurun waktu yang jauh atau agak lama. Diluar itu, kerap juga terdengar bunyi “kreg” waktu sendi lutut di gerak-gerakkan.

Pada pengapuran tulang sendi dan lutut yang mencapai stadium yang lebih berat, orang yang menderita penyakit in bukan sekedar rasakan sakit pada waktu melakukan aktivitas saja namun juga pada waktu tengah beristirahat. Dan ketika sudah mencapai pada stadium lanjut, rasa sakit bakalan semakin hebat dan sangat, sendi lutut berubah menjadi kaku serta bengkok seperti huruf X atau O. Biasanya, orang mengalami sakit pengapuran tulang sendi lutut yang berat bakalan berjalan dengan keadaan pincang.

Tanda2 Pengapuran Tulang Sendi

Bila difoto menggunakan rontgen akan terlihat pada celah sendi yang terserang pengapuran lebih sempit daripada celah sendi yang normal sebagai akibat penipisan tulang rawan pada persendian lutut. Hasil photo rontgen ini bisa dipakai untuk memastikan tingkat keparahan pengapuran tulang sendi lutut.

Pengapuran tulang sendi lutut dibagi jadi 4 stadium. Stadium 1 serta 2 digolongkan sebagai pengapuran tulang sendi lutut yang ringan, untuk berikutnya yaitu stadium 3 serta 4 sebagai pengapuran tulang sendi lutut yang sudah sangat berat.

Obat Penyakit Pengapuran Tulang Sendi

Penyembuhan penyakit pengapuran tulang sendi lutut tidak sama,  bergantung pada stadiumnya. Pengapuran tulang sendi lutut yang masih ringan (stadium 1 serta 2) masihlah dapat disembuhkan dengan penyembuhan yang pas, umpamanya dengan diet atau penurunan berat badan serta pemberian obat seperti pada beberapa obat berikut:

  1. Obat anti-nyeri serta anti-radang
  2. Obat pelumas sendi yang disuntikan kedalam sendi
  3. Pemberian suplemen yang memiliki kandungan glukosamin serta kondroitin sulfat untuk menumbuhkan tulang rawan.
  4. Operasi menggunakan laser serta alat tertentu yang dimasukkan kedalam sendi lewat sayatan kecil yang dimaksudkan untuk membersihkan permukaan tulang rawan sendi yang berserabut serta menghilangkan “bakteri” lain didalam sendi. Operasi sejenis ini dimaksud adalah “arthroscopic debridement”.

Demikian informasi tentang ciri dan tanda pengapuran tulang sendi lutut serta cara pengobatannya, semoga bermannfaat.

ciri ciri pengapuran tulang sendi , ciri ciri prngapuran lutut , ciri pengaliran lutut , ciri pengapuran di lutut