Cara Mencegah Osteoporosis dengan Latihan Terapi Sejak Dini

Banyak cara usaha dan latihan yang dapat dilakukan seseorang dalam upaya mencegah penyakit osteoporosis. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan cara terapi latihan pada osteoporosis atau sering kita sebut dengan osteoporosis exercise. Pusat perhatian dari latihan osteoporosis ini diletakkan pada bagian tubuh yang rawan terserang osteoporosis meliputi area tulang punggung, pangkal paha, dan pergelangan tangan yang bertujuan untuk meningkatkan kepadatan tulang yang meudah terserang osteoporosis tersebut. Selain akan membuat tubuh menjadi segar dan bugar, latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang anda.

Osteoporosis Causes Symptoms Amp Remedies Caregiver Services In Osteoporosis Cara Mencegah Osteoporosis Dengan Latihan Terapi Sejak Dini

Mencegah Penyakit Osteoporosis

Menentukan bentuk latihan disini sangat diperlukan, mengingat tidak semua bentuk latihan dapat meningkatkan kepadatan tulang. Beberapa bentuk latihan yang dianjurkan agar dapat meningkatkan kepadatan tulang seperti wight-beiring exercise atau latihan beban tubuh, serta latihan kekuatan atau ketahanan. Weight bearing exercise ini bisa berupa jalan cepat dan aerobic low impact minimal 15-20 menit dengan frekuensi 3-4 kali dalam seminggu. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan bersepeda statis. Dengan maenjalan latihan ini, sedikitnya 3-4 jam per minggu, akan menurunkan resiko terjadinya patah tulang pangkal paha hingga 50%.

Upaya Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis Family Medicine Shady Grove Throughout Osteoporosis Cara Mencegah Osteoporosis Dengan Latihan Terapi Sejak Dini

Selain dengan melakukan latihan berupa rutinitas fisik, anda juga dapat melakuka latihan untuk osteoporosis dengan kekuatan otot yang anda meiliki latihan isokinetik oleh anggota gerak atas dan bawah dengan mengangkat beban, latihan semacam ini akan membantu memperkuat seluruh tulang dalam tubuh anda, terutama kaki dan tangan. Latihan ini dimulai dengan intensitas rendah atau dimulai dengan beban yang ringan kemudian secara bertahap diringkatkan dengan beban yang lebih berat dalam beberapa bulan.

Latihan Mencegah Osteoporosis

Menjalankan latihan pencegahan penyakit osteoporosis ini dilakukan  dengan repetisi 10-15 kali. Apabila dirasa otot sudah mengalami pengingkatan bertambah kuat maka beban akan ditingkatkan, dan peningkatan ini dilakukan dalam setia minggunya dan tidak boleh lebih dari 10% dari beban sebelumnya. Disamping platihan tersebut dengan melakukan latihan berdiri lebih dari tiga puluh menir setiap harinya akan mecegah dan menjaga kepadatan tulang. Bagi orang yang telah terkena penyakit osteoporosis  ini apabila ingin melakukan latihan, maka bentuk dan porsi latihan sebainya dilakukan dibawah pengawasan dokter rehabilitasi medis sehingga program latihan dapat dijalankan secara baik dan benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi orang yang mengalami penyakit osteoporosis ini.

Olahraga Mencegah Osteoporosis

Menjalakan terapi latihan untuk penhyakit osteoporosis ini harus deprogram secara perseorangan yang terlebih dahulu melakukan pemerikasaan kesehatan tulang secara medis, karena setiap orang memiliki kreteria dan perlakuan tersendiri, dimana latihan dimulai dengan hari-hari tanpa beban dan secara bertahap ditingkatkan dengan pelatihan kekuatan dan anggota badan. Jika kekuatan dan daya tahan tubuh dirasa telah meningkat, maka waktu latihan dan beban ditambah secara bertahap.

Demikian tadi uraian tentang Cara Mencegah Osteoporosis dengan Latihan Terapi Sejak Dini semoga bermanfaat.