Beginilah cara menjaga kebersihan wanita saat menstruasi atau haid

Area genital atau area intim seorang wnaita merupakan salah satu dan yang paling di utamakan untuk di jaga kesehatannya karena adanya menstruasi atau datang bulan yang datang di setiap bulannya , hal ini di karenakan pada saat menstruasi atau datang bulan , area kewanitaan akan menjadi lembab yang bila tidak di jaga kebersihannya akan menimbulkan bakteri , maka dari hal itulah di perlukan perhatian untuk kesehatan ekstra pada area kewanitaan tersebut

menutur dr. Ogi Dewangga, SpOG, saat menstruasi sebaiknya gantilah pembalut setidaknya satu hingga tiga jam sekali. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan kuman akan mulai tumbuh dan berkembang.

“Penggantian pembalut ada masa-masanya. Kalau memang sedang banyak setiap 1 jam sekali sudah harus diganti. Karena darah haid adalah sumber pertumbuhan kuman yang paling banyak,” tuturnya di acara bincang-bincang dengan Softex di Hijab Day, The Hall Kota Kasablanka, Sabtu (9/4/2016) lalu.

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan panty liner, ada baiknya menggantinya setiap tiga jam sekali. Lebih dari itu, kuman-kuman berpotensi tubuh lebih cepat sehingga dapat menimbulkan bau tidak sedap, gatal, atau iritasi kulit lainnya.

Dokter yang praktik di salah satu rumah sakit di Bandung, Jawa Barat itu menambahkan, gatal dan bau tidak sedap bisa di atasi dengan menggunakan sabun kewanitaan. Tetapi harus diwaspadai pula, jika keseringan menggunakan sabun antiseptik akan menimbulkan kekeringan.

“Keseringan pakai sabun antiseptik menimbulkan kekeringan. Bisa lecet dan iritasi di sekitar rongga vagina. Jadi kalau memang tidak ada masalah, cukup bersihkan dengan air saja,” lanjutnya.

Ditambahkan dr. Ogi, cara lain yang bisa dilakukan untuk membersihkan arena kewanitaan dengan menggunakan daun sirih. Di dalam daun sirih terdapat kandungan antiseptik yang berasal dari turunan zat fenol yang disebut dengan kavikol. Zat tersebut memiliki kemampuan antiseptik lima kali lebih besar dari antiseptik biasa.

Caranya, hancurkan dua lembar daun sirih kemudian tambahkan satu sendok madu dan campurkan dengan air hangat. konsumsilah tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal