Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional Alami

pengobatan asam urat secara tradisional alami

Posted on

Tips sehat di usia lanjut tanpa asam urat – Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang sendi. Penderita umumnya berumur diatas 30 tahun. Ketika anda merasakan nyeri yang berkebih dan terjadi berulang-berulang, segeralah melakukan pengecekan kadar asam urat di laboratorium. Kadar asam urat normal yaitu 3,5-7 mg/dl (pria) dan 2,6-6 mg/dl (wanita). Penyebab timbulnya penyakit ini adalah pola makan yang kacau (banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin) dan obesitas (kegemukan). Penyakit lain akan menyerang penderita asam urat apabila tidak segera dilakukan tindakan pengobatan (medis atau tradisional) yaitu penyakit batu ginjal yang paling fatal dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Pengobatan Asam Urat Secara Tradisional Alami

1. Gejala penyakit asam urat

Gejala awal penyakit asam urat yaitu di bagian sendi terasa nyeri, kesemutan dan mengalami peradangan. Nyeri dan kesemutan terjadi pada saat bangun dan pada waktu akan tidur. Intensitas terjadinya gejala ini akan meningkat seiring dengan bertambah parahnya penyakit asam urat. Beberapa sendi yang sering diserang penyakit ini yaitu sendi dibagian jari (tangan dan kaki), lutut, tumit, pergelangan tangan dan siku.

2. Penyebab penyakit asam urat

Penyebab penyakit asam urat adalah obesitas dan konsumsi makanan yang mengandung purin secara berlebih. Berikut merupakan makanan yang mengandung purin:

• Jeroan
• Seafood
• Daging (sapi, kambing, kuda, bebek, angsa dan kalkun) dan olahannya berupa abon dan dendeng
• Makanan kaleng
• Kacang-kacangan (kedelai, kacang tanah, kacang hijau dan melinjo) dan olahannya (tempe, tauco, oncom, susu kedelai, tauge dan emping)
• Sayuran
• Makanan tinggi protein dan lemak (keju, telur, krim, es krim dan kaldu)
• Buah-buahan yang mengandung purin (durian dan nanas)

3. Bahan herbal dan pengolahannya sebagai obat asam urat

• Sambiloto (Adrographis panniculata)

Tanaman ini berasal dari India. Ciri khas rasa dari tanaman ini yaitu pahit. Selain digunakan sebagai obat asam urat, sambiloto juga berkhasiat untuk menyembuhkan radang, nyeri dan penawar racun. Seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat.
Cara pengolahannya

Siapkan bahan-bahan pelengkapnya (10 gram temulawak kering, 5-10 gram komfrey, dan 1 gram lada). Rebus sambiloto 10 gram kering bersama dengan bahan pelengkap dengan 5 gelas air hingga mendidih. Sisakan 3 gelas dan saring (ambil airnya). Minumlah 1 gelas ramuan ini 3 kali sehari satu atau dua jam setelah makan.

• Kumis kucing (Orthosiphon aristatus)

Tanaman ini berkhasiat sebagai penghancur batu disaluran kencing. Ciri khas rasanya yaitu manis tapi sedikit pahit. Kandungan garam kaliumnya berkhasiat untuk melarutkan batu ginjal. Sinsetin yang juga terkandung didalamnya bersifat sebagai antibakteri. Tanaman kumis kucing bersifat diuretik yang dapat membuang kelebihan asam urat pada saat buang air kecil (melalui urin). Bagian yang digunakan sebagai obat adalah bagian daun.

Cara pengolahannya

Bahan-bahan yang digunakan adalah 10 gram daun kumis kucing, 10 gram meniran, 10 gram sawi tanah, 15 gram jahe merah dan 10 gram kapulaga. Rebus semua bahan dalam satu liter air hingga mendidih dan sisakan setengahnya. Minumlah 3 kali sehari sebanyak 150 ml. Semua bahan-bahan alami yang tercantum merupakan bahan yang sudah dikeringkan. Jika anda ingin membuatnya dari bahan basah (lebih segar), buatlah 1 ramuan ini dengan bahan 2 kali dari bahan kering (masing-masing bahan).

• Daun Salam (Eugenia polyanta)

Daun salam memiliki rasa kelat dan bersifat astringent. Senyawa yang terkandung antara lain minyak atsiri, tannin dan flavonoid. Akar, kulit dan buah pada tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat selain daunnya.

Cara pengolahannya

Berbeda dengan kedua bahan herbal yang lain, daun salam tidak membutuhkan bahan pelengkap lainnya sebagai obat. Rebus daun salam (10-15 lembar) kedalam 3 gelas air hingga mendidih dan sisakan 1 gelas. Minumlah 2 kali sehari sebanyak ½ gelas. Daun salam yang digunakan dapat berupa daun salam kering ataupun yang basah.

Menarik untuk di baca :

Leave a Reply