cara menghilangkan dan mengatasi bau mulut secara alami

cara menghilangkan dan mengatasi bau mulut secara alami

Memiliki masalah bau mulut? Kondisi semacam ini sudah pasti mengubur rasa percaya diri ketika berhadapan atau bahkan berbincang dengan orang lain akibat nafas berbau tidak sedap.

Secara ilmiah, bau mulut dikenal dengan istilah halitosis yang merupakan manifestasi dari beragam gangguan kesehatan dalam tubuh. Banyak hal yang memicu munculnya bau mulut. Selain dipicu akibat mengkonsumsi makanan berlebih seperti bawang putih, petai ataupun sejenisnya, bau mulut juga bisa disebabkan oleh masalah pencernaan, dehidrasi, diet tidak sehat, ulkus lambung, intoleransi susu, dan bisa juga karena gangguan kronis seperti sinus, periodontal, dan gangguan pernafasan. Akibat dati gangguan ini, mulut akan terasa kering, rasa tidak enak yang biasanya ditandai dengan rasa asam atau pahit. Sementara lidah tertutupi lapisan lendir.

Setelah berkumur atau sikat gigi, biasanya bau mulut menghilang dengan sendirinya. Namun pada kasus bau mulut kronis akan sulit dihilangkan, bau mulut pun akan terus berlanjut.

Sudah mencoba berbagai merek obat kumur namun tidak menunjukkan hasil yang maksimal? Jika iya, tidak ada salahnya Anda menggunakan bahan-baham alami pemberian Tuhan sebagai solusi untuk mengatasi masalah bau mulut. Beberapa bahan ini pun banyak tersedia di rumah sehingga Anda pun bisa melakukan perawatan mulut dengan mudah. Hasil maksimal akan Anda dapatkan asalkan treatment ini dilakukan secara rutin.

1. Hazelnut
Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, hazelnut ternyata efektif menyerap bau mulut ketika Anda mengunyahnya secara perlahan.

2. Lemon
Ketika mengkonsumsi bawang putih atau bawang merah secara berlebih, pasti Anda akan merasakan bau mulut yang tidak sedap. Anda bisa mengatasinya cukup dengan satu sendok lemok yang bercampur sedikit garam. Cara ini terbilang cukup irit dan praktis untuk menghilangkan bau mulut, bisa juga Anda terapkan untuk membuat nafas jadi segar setelah mengkonsumsi makanan berat dan pedas.

3. Cengkeh
Cengkeh menjadi salah satu daftar bahan alami yang ampuh dalam mengatasi masalah bau mulut karena memiliki sifat antiseptik yang sangat kuat. Mudah saja, ambillah 3 atau 4 biji cengkeh kemudian didihkan dengan secangkir air hingga terekstrasi. Setelahnya, saringlah air rebusan cengkeh tersebut dan gunakan untuk berkumur secara rutin.

3. Kemangi
Selain kerap dijadikan kudapan makanan, daun kemangi ternyata bisa membantu Anda menghilangkan bau mulut. Dengan mengkonsumsinya, produksi gas dalam usus akan berkurang sehingga membuat nafas menjadi lebih segar.

4. Kapulaga
Sering-seringlah mengunyah kapulaga seusai makan karena kebiasaan ini mampu mengatasi bau tidak sedap yang keluar dari mulut. Minyak yang dihasilkan dari kunyahan kapulaga secara efektif mampu meningkatkan kesegaran mulut Anda.

5. Biji Adas
Untuk mengolah biji adas sebagai bahan alami penghilang bau mulut, Anda bisa menggunakannya langsung atau menggilingnya menjadi bubuk. Ekstrak dari kapulaga ini bisa digunakan untuk menyikat gigi dan sekaligus membersihlan lidah dan gusi agar nafas menjadi segar.

6. Kayu manis
Kayu manis menjadi bahan yang terbukti ampuh menyerap bau belerang yang berasal dari bawang putih atau bawang merah dalam mulut. Bau mulut secara perlahan akan berkurang hingga pada akhirnya Anda tidak merasakannya lagi.

7. Buah
Buah kaya serat seperti apel, pir atau wortel akan menghasilkan air liur ketika mengunyahnya. Inilah yang akan membantu membersihkan gigi sehingga bau mulut akibat sisa-sisa makanan akan menghilang.

8. Mint
Pasti Anda sering mendengar bahan mint yang banyak digunakan dalam produk pasta gigi atau obat kumur. Daun mint dipilih lantaran kemampuannya yang ampuhenetralisir bau mulut dan memberikan kesegaran nafas dalam waktu yang lama.

Mengatasi bau mulut