9 Makanan Yang Harus Dihindari Agar Tetap Sehat

9 Makanan Yang Harus Dihindari Agar Tetap Sehat

Hidup di jaman modern seperti saat ini, tidak menutup kemungkinan untuk kita terjebak dalam gaya hidup yang tidak sehat. Pasalnya, di kehidupan serba instan ini sulit bagi kita untuk terhindar dari bahan kimia yang sering dicampurkan dalam makanan tidak sehat. Memang akan tampak sulit untuk menghindarinya, namun hal tersebut tergantung dari dalam diri sendiri untuk menyiasatinya. Jadi, akankah terus hidup dengan gaya hidup tidak sehat? Jika tidak, mari merubahnya dengan menghindari atau membatasi tubuh kita dari 9 makanan di bawah ini.

1 . Makanan siap saji
Makanan jenis satu ini mungkin menjadi makanan favorit bagi sebagian pekerja atau orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Cepat dan instan, mungkin ini yang menjadi nilai plusnya. Tetapi tahukah anda jika makanan kaleng mengandung BPA yang merupakan bahan kimia beracun. Terlalu berlebih dalam mengkonsumsi makanan kaleng sangat berpotensi mengalami kelainan sistem reproduksi, diabetes, kanker prostat dan atau kanker payudara. Makanan kaleng yang terlalu asam membuat BPA mudah larut ke dalamnya.

2 . Daging olahan pabrik
Anda harus berhati-hati ketika memilih daging olahan sebagai daftar menu makanan sehari-hari anda. Mayoritas daging olahan yang diperjualbelikan di pasaran tidaklah 100% dibuat dari daging hewan ramah lingkungan. Artinya hewan yang dipergunakan untuk bahan dasar pembuatan daging olahan berasal dari hewan yang diberi suntikan hormon pertumbuhan, antibiotik dan obat-obatan sejenisnya. Bahkan natrium nitrit juga menjadi campuran untuk mendapatkan warna dan rasa yang menarik konsumen. Padahal kita tahu bahwa zat tersebut akan diubah menjadi nitrosamine di dalam tubuh yang tak lain merupakan bahan kimia penyebab kanker.

3 . Margarin
Margarin adalah salah satu pemicu penyakit jantung, masalah tulang, kanker, ketidakseimbangan hormon dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Ini terjadi karena di dalam margarin terkandung lemak jenuh, pengemulsi, radikal bebas dan berbagai bahan pengawet. Jadi, sebisa mungkin menghindari bahan ini dan pilihlah mentega yang terbuat dari sapi pemakan rumput karena kandungan linoleat terkonjugasi di dalamnya akan membantu anda melawan penyakit kanker dan diabetes.

4 . Popcorn terbuat dari microwave
Cemilan yang tepat untuk dimakan ketika bersantai ini ternyata termasuk dalam daftar jajanan yang harus anda hindari. Terutama popcorn yang diproses dengan menggunakan microwave karena mengandung bahan kimia perfluoroalkyls. Bahan ini dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan makanan untuk mencegah lemak bocor pada produk makanan cepat saji. Bahan kimia berbentuk lentur ini diketahui bisa merusak sistem endokrin dan bersifat karsinogenik alias pemicu kanker.

5. Gorengan
Nah, makanan satu ini yang paling digemari oleh sebagian masyarakat kita. Asalkan kita ketahui saja, minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng adalah buatan pabrik yang pada umumnya terbuat dari tanaman rekayasa genetika. Jelas, pestisida sangat berperan sebagai obat tanaman tersebut. Berbeda dengan mentega atau minyak kelapa, minyak sayur tidak bisa dipressing secara alami namun harus menggunakan bahan kimia saat pemrosesannya. Minyak sayur dikatakan tidak sehat bagi kesehatan lantaran bisa mengubah kolesterol baik menjadi kolesterol jahat yang diakibatkan adanya proses oksidasi. Ketika minyak dipanaskan, minyak akan menyatu dengan oksigen yang selanjutnya berubah menjadi tengik. Minyak yang teroksidasi inilah yang tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebih.

6 . Sayuran non organik
Sayuran atau tanaman non organik berbahaya bagi kesehatan. Pernyataan ini didasari atas alasan bahan kimia berupa peatisida yang disemprotkan pada tanaman tersebut. Pestisida akan larut ke air dalam tanah yang kemudian diserap akar tanaman. Tak hanya itu, sisa dari pestisida akan terus menempel pada bagian tanaman lainnya seperti daun atau buahnya. Bisa dibayangkan jika kita terus mengkonsumsi tanaman jenis non organik sudah pasti bahan kimia pestisida akan terakumulasi dalam tubuh. Berbagai penyakit pun siap menjakiti tubuh kita.

7 . Garam meja
Meskipun garam ali tergolong mineral yang baik untuk kesehatan, namun jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak malah justru akan menambah masalah bagi kesehatan tubuh anda seperti resiko tekanan darah tinggi. Garam pada umumnya mengandung banyak natrium, sehingga ketika anda disuguhkan makanan olahan yang sejatinya mengandung natrium berlebih harap untuk anda hindari demi kesehatan tubuh.

8. Aspartam
Tidak perlu dianalisis lagi, pemanis buatan adalah salah satu pemicu berbagai penyakit. Aspartam dari pemanis buatan diketahui membentuk metanol dalam tubuh yang selanjutnya akan dibawa ke otak dan sumsum tulang. Unsur ini secara perlahan merusak DNA setelah berubah menjadi formaldehida.

9. Gula
Gula disebut sebagai bahan yang ampuh untuk menaikkan berat badan dan melarutkan mineral penting dalam tubuh. Terlalu sering mengkonsumsinya, tidak mustahil jika anda akan kehilangan keseimbangan biokimia dalam tubuh.

Sifatnya yang anti nutrisi membuat anda dengan mudah kehilangan mineral seperti kalsium yang dikeluarkan bersama urin. Ini artinya tubuh akan mengambil kalsium dari dalam tulang yang bisa jadi mengarah pada resiko osteoporosis. Jadi, sebisa mungkin konsumsilah pemanis yang terbuat dari bahan alami.

rahasia penyanyi seriosa , makanan dan minuman yang harus dihindari agar tubuh tetap sehat , makanan yang di hindari agar payudara besar , Makanan yg harus dihindari demi kesehatan tubuh