berbagai manfaat menyusui bagi kesehatan ibu dan anak

ASI (Air Susu Ibu) memang sangat bermanfaat untuk anak balita dan merupakan asupan makanan yang terbaik untuk bayi dan balita selain makanan tambahan selain itu ASI sangat mudah untuk di cerna.

Di dalam kandungan ASI terdapat Zat asam amino esensial yang merupakan zat yang sangat kaya akan asam lemak esensial dan sangat membantu dalam penyerapan zat besi dan zat kalsium bagi bayi dan balita.

ASI juga sangat bermanfaat untuk menekan angka kematian pada bayi karena ASI juga sangat memberi perlindungan bayi terhadap serangan infeksi dan pencegahan terhadap alergi serta menurunkan obesitas atau kegemukan pada anak.

Namun siapa yang menyangka bahwa pemberian ASI oleh Ibu juga sangat bermanfaat bagi ibu itu sendiri salah satunya adalah sangat membantu sang Ibu dalam menurunkan berat badan lebih cepat dari pada program diet, namun bagi Ibu menyusui sangat tidak di sarankan untuk melakukan program diet karena disaat menyusui sang Ibu akan cepat m,erasa lapar , oleh karena itu makan harus di jaga agar sang bayi tetap mendapatkan asupan nutrisi dari air susu, di saat sedang menyusui seperti layaknya sedang¬†olahraga. “Menyusui itu olahraga, makanya ibu menyusui suka berkeringat ketika sedang menyusui,” ujar dokter anak dari RSIA Bunda Jakarta, dr Melanie Iskandar, SpA di Jakarta, beberapa waktu lalu.

ASI juga membantu involusi rahim. Setelah melahirkan rahim ibu akan terasa sakit. Dan saat menyusui bayi di awal kelahirannya perut ibu juga akan berkontaksi. Kalau ibu tidak menyusui, maka kontraksi tidak bagus. Itulah yang bisa menyebabkan pendarahan.

Menyusui bayi bermanfaat pula untuk menunda kehamilan. Tapi yang penting diingat ibu harus sering menyusui pada malam hari. Sebab hormon menyusui aktif pada malam hari. Hormon ini bisa menekan hormon lain yang bisa sebabkan kehamilan. Dan ini hanya berlaku untuk enam bulan pertama. “Setelah tujuh bulan ASI sebagai KB tidak berlaku,” ujarnya.

fatmah bahalwan resep ketupat