tanda tanda dan gejala penyakit kanker

kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

  • tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  • menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  • bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

kanker merupakan penyakit mematikan nomor 2 di indonesia , anda wajib waspada akan penuakit kanker ini dan kenalilah gejalanya, sebab bila tidak , penyakit kanker ini akab berkembang menjadi lebih parah dan mematikan,Para ahli sudah memperingatkan bahwa jika Anda melihat adanya perubahan pada tubuh Anda atau merasa aneh, maka Anda harus segera mengonsultasikannya ke dokter.

Berikut ini adalah tanda tanda dan gelaja penyakit kanker

Berat badan turun drastis

Waspadalah jika berat badan anda tiba tiba turun drastis tanpa di ketahuio sebabnya , karena bisa jadi itu adalah gejala dari kanker pankreas dan perut.

Demam Persisten

waspadai dengan demam persisten , yaitu demamn di mana kenaikan suhu nya menetap dangan variasi yang minimal , karena bisa jadi ini adalah gejala dan tanda tanda kanker darah seperti limfoma atau leukemia. Jika Anda mengalami demam persisten, Anda harus segera pergi ke dokter. Bahkan jika itu bukan kanker, hal itu harus tetap ditangani secara serius.

Rasa nyeri
Meskipun rasa nyeri dapat memiliki banyak penyebab, namun jika Anda merasakan sakit nyeri di kepala terus-menerus, dapat menjadi tanda awal dari kanker otak. Sedangkan jika Anda sering merasakan sakit punggung hal itu bisa menjadi tanda kanker rektum atau ovarium.

Batuk terus menerus
Jika Anda mengalami batuk atau suara serak dan tidak pernah sembuh, itu bisa menjadi tanda kanker paru-paru atau laring. Walaupun, hal ini lebih mungkin bahwa Anda mengalami alergi musiman, tetapi pergilah ke dokter untuk memastikannya.

Benjolan di tubuh
Jika Anda menemukan benjolan pada di kulit, waspadalah. Terutama jika benjolan tersebut terdapat di payudara, testis, atau kelenjar getah bening. Bisa jadi ini penyebab atau awal mula bertumbuhnya kanker