Daftar Daerah Yang Dapat Melihat Gerhana Matahari Total 2016

Tinggal menghitung hari lagi orang-orang Indonesia bakalan melihat fenomena langka, yakni Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 nanti. Momentum alam ini bisa dibilang sangat langka, sebab fenomena yang sama persis denga ini cuma bakal dapat disaksikan lagi dalam kurun 350 th kemudian.

Oleh karena itu, Anda harus tahu, hal menarik apa yang perlu dikaji waktu GMT datang.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin menyebutkan, waktu terjadinya Gerhana Matahari Total nanti, beberapa “pemburu” gerhana, umumnya tidak ingin melewatkan waktu paling yang ditunggu-tunggu untuk melihat yang namanya korona.

Korona merupakan bagian atmosfer matahari yang paling luar yang dicirikan dengan rendahnya massa jenis dan tingginya temperatur (> 1.0E+06 K). Kita tidak akan dapat melihat korona secara langsung dengan mata telanjang dari bumi, kecuali pada saat terjadinya Gerhana Matahari Total atau dengan alat bantu teleskop dengan presisi.

Sedikit diterangkan oleh Thomas, korona itu “hadir” pas pada saat bulan tegak lurus dengan Matahari, hingga Matahari keseluruhan ditutupi oleh rembulan. Jadi, waktu Matahari tertutupi keseluruhan itu lah, keindahan korona bisa di nikmati oleh beberapa “pemburu” Gerhana Matahari Total.

“Korona Matahari ini, satu hal yang sangatlah mengagumkan, meskipun itu waktunya cuma 1, 5 hingga 3 menit, namun justru inilah yang malah ditunggu beberapa pengagum gerhana, ” tutur Thomas waktu pemaparan dalam konferensi pers yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata, di lokasi Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 25 Januari 2016.

Meskipun kita sering menyaksikan Gerhana Matahari baik darii video atau photo, namun bisa melihat Gerhana Matahari Total langsung dalam artinya dalam kenyataanya merupakan kejadian yang sangat mengagumkan.

Terdaftar ada 12 propinsi di Indonesia yang bisa melihat semua fenomena langka ini. Lokasi itu yaitu Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, serta Maluku Utara.

Selain itu terpadat beberapa kota besar yang juga dapat melihat Gerhana Matahari Total seperti, Palembang, Tanjung Pandang, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, Ternate, serta Sofifi.

Selain dari daerah-daerah tersebut masih ada beberapa daerah lain di Indonesia dapat melihat gerhana Matahari Total bulan depan, beberapa diantaranya kota Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, serta Ambon.

Demikian informasi ini sebagaimana di lansir viva.co.id