fakta dan sejarah hari kartini 21 april lengkap

Tanggal 21 April semasing tahunnya diperingati sebagai Hari Kartini oleh sebagian orang Indonesia. Tanggal itu yaitu hari kelahiran seseorang wanita bernama Raden Ajeng Kartini, yang tepatnya pada th. 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Beliau yaitu pejuang emansipasi wanita, yang saat penjajahan Belanda waktu ia hidup, berjuang untuk berikanlah pendidikan serta sekolah pada grup wanita yang tetap masih ketinggalan serta terbelakang di banding grup pria.

fakta dan sejarah hari kartini

Walau jadi putri dari seseorang petinggi daerah, yaitu Bupati Jepara, tetapi Kartini muda terasa hasratnya untuk mengenyam bangku pendidikan tinggi dikekang. Ia cuma dapat sekolah hingga step basic, atau cuma dapat baca serta catat bhs Belanda.

Lantas Kartini yang tetap masih sekian belia mesti menikah. Ia dipingit serta tidak bisa meneruskan sekolah, waktu usianya 12 th..

Tetapi berbagai buku, majalah terbitan Eropa, dan koran juga ia baca serta memperluas wawasannya. Korespondensi dengan sebagian teman dekat Kartini di Belanda juga semakin buka wawasan fikirkan wanita muda itu. Ia lalu mulai menghimpun kaum hawa di lingkungannya, lalu berbarengan saudara-saudaranya mulai mengajari berbagai hal pada mereka.

Kartini setelah itu menikah serta jadi istri ketiga dari Bupati Rembang pada umur 24 th.. Ia juga geser ke Rembang ikuti sang suami.

Tetapi support suaminya buat Kartini tetap masih dapat buka sekolah wanita di daerah Rembang. Ia kembali aktif dalam dunia pendidikan. Waktu hamil, Kartini tidak berhenti demikian saja dari kesibukannya mengajari beberapa wanita untuk membaca, menulis, serta memasak.

Tetapi umur Kartini tidak panjang. Selesai lahirnya putra pertama yang bernama Soesalit Djojohadiningra pada 13 September 1904, Kartini alami sakit. Ia juga tutup umur sekian hari tempo hari, tepatnya 17 September 1904.

RA Kartini mewariskan pada kaum hawa sekolah-sekolah yang ia rintis, serta setelah itu dinamakan Sekolah Kartini. Sekolah itu dilanjutkan oleh sahabat-sahabatnya serta berkembang sampai ke daerah lain di tanah Jawa.