contoh pidato peingatan hari kartini untuk SD

seperti yang kita ketahui bersama , pada setiap tanggal 21 april merupakan peringatan hari kartini di indonesia , dan maka dari itu berikut ini merupakan contoh pidato peingatan hari kartini untuk SD :

fakta dan sejarah hari kartini

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ibu-ibu yang kami hormati dan adik-adik remaja putri yang kami cintai!

Pertama-tama marilah kita berbarengan memanjatkan puja serta puji sukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas rahmat Nya kita semuanya bisa berkumpl berbarengan di hari ini manfaat memperingati hari kelahiran Raden Ajeng Kartini. Tak lain kami sebagai panitia penyelenggara mengatakan terimakasih banyak sudah sudi menyempatkan diri untuk ada penuhi undangan kami.

Kita semuanya sudah menyadarinya, kalau pada tiap-tiap 21 April kita mengadakan peringatan untuk kembali kenang bebrapa layanan beliau IbuKartini, tidak ada lain lantaran beliau yaitu perintis untuk gerakan, yang menuntut kesamaan hak serta keharusan dengan kelompok pria untuk kaumnya.

Hadirin serta Hadirat yang kami cintai!

Ibu kartini yaitu keturunan golongan ningrat yang sejak saat kanak-kanak ada dalam lingkungan teguh memegang kebiasaan istiadat kebangsawanan serta ada dibawah pengawasan ayahnya yang berkedudukan sebagai Bupati Jepara. Jadi derita itu lalu protes serta menyatu dalam jiwa kalau yang menyebabkan gairah untuk melepas semua ikatan yang mengekang, yakni kebiasaan istiadat yang usang yang bertentangan dengan panggilan jaman.

Jika kita memperingati hari Ibu Kartini oleh sebab kita akan menghidupkan dalam diri kita kegairahan beliau yang mengharuskan kita kaum hawa indonesia untuk lihat kan diri dengan cara keseluruhan dalam usaha mengiprakan ketrampilan kita semasing.

Sungguh tiadalah sekali-kali kalau kita sebagai kaum hawa menentang kodrat dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yakni dengan meremehkan pekerjaan serta kewajibannya sebagai wanita ditengah tengah lingkungan keluarga. Terlebih dalam fungsi sebagai pembinaan generasi penerus kehidupan keluarga biasanya. Karenanya bakal terang tidak mematuhi apa yang telah terang dikodratkan serta diputuskan Tuhan yang Maha Kuasa.

Ibu-ibu serta adik-adik remaja putri yang kami cintai!

Kita dalam memperingati Hari Kartini saat ini, yang utama yaitu kita menggali api semangat Kartini itu, di mana kita kaum hawa Indonesia dituntut dalam keikut sertaan dengan cara optimal untuk mensukseskan pembangunan, sesuai sama kekuatan serta kesanggupan kita semasing.

Biarpun kaum hawa bertindak turut dan dalam pembangunan tetapi sekali-kali bukanlah bermakna kurangi peran kaum hawa dalam pembinaan keluarga sejahera dan pembinaan generasi muda. Dalam soal ini kaum hawa bakal meletakkan manfaatnya sebagai abdi orang-orang, dan sebagai ibu rumah-tangga ; dalam rencana pembinaan manusia-Indonesia sepenuhnya serta keluarga sejahtera.

Sekian sebatas sambutan yang bisa kami berikan dalam memperingati hari lahirnya Ibu Kartini. Mudah-mudahan peringatan ini memberi faedah yang sebesar-besarnya pada kita semuanya.

Akhirul kalam, Wassalamualaikum wr. Wb