contoh pidato atau ceramah atau khutbah singkat di bulan ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh hikmah , yang mana akan lebih baik untuk di penuhi dengan aktifitas ibadah , di antaranya yang khas di bulan ramadhan adalah aktifitas sholat tarawih yang ada kalanya di isi dengan kuliah tujuh menit atau biasa di singkat kultum . dan berikut ini adalah contoh pidato atau ceramah atau khutbah singkat di bulan ramadhan :

Masjid Raya AlMashur Medan Tempat Ngabuburit Asyik Seru Dan Ramai Di Kota Medan

Assalamualaikum Wr.Wb
Yth. Bapak Ibu para hadirin yang berbahagia.
Washalatu Wassalamu Ala Asrafil Ambiyai Walmursalin Waalaalihi Washahbihi Ajmain Ama Ba’du.
Puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang begitu banyak, di antaranya nikmat sehat sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul di sini.

Bapak Ibu yang saya cintai,
Pertama-tama perlu kita ketahui hari demi hari berganti, bulan demi bulanpun berganti sehingga kini telah sampailah kita kepada bulan yang sangat indah, sangat mulia, dan yang sangat ditunggu-tunggu tentunya tidak lain dan tidak bukan bulan Ramadhan, Alhamdulillah.

Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu puasa? Puasa dalam bahasa Arabnya disebut shoum yang artinya menahan diri. Maksudnya ketika sedang melakukan puasa atau shoum, kita menahan diri dari perkara-perkara yang membatalkan puasa tersebut seperti makan dan minum.
Kita juga menahan diri kita dari melakukan perkara yang sia-sia, serta ucapan-ucapan yang kotor dan keji. Sejak terbit fajar hingga terbenam.

Bapak Ibu yang Berbahagia,
Di bulan Ramadhan ini banyak yang bisa kita lakukan untuk menambah amal ibadah kita sehingga di akhirat nanti saat dihisab amal perbuatan kita, tuh timbangan bisa lebih berat ke kebaikan bukan justru lebih berat ke keburuka, contoh yang bisa kita lakukan diantaranya membaca Al-quran, infaq, shadaqah, memperbanyak dzikir, memperbanyak shalat sunah, membantu teman, sanak saudara, seluruh orang yang membutuhkan bantuan dan masih banyak lagi.
Bapak Ibu para hadirin,
Jangan menyesal dan mengira kita berrbuat baik tidak dapat apa-apa, karena setelah kita melakukan perbuatan dan amalan yang baik tentu terdapat manfaat dan imbalan dari Allah SWT karena bulan ramadhan memiliki berbagai keistimewaan beberapa diantaranya:
1.Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahkannya rezeki orang Mukmin.
2.Bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya amal saleh. “Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Alalh dengan satu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari-Muslim)
3.Bulan Ramadhan memiliki satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan pada bulan lain, yakni malam Lailatul Qadar.

Oleh karena itu marilah, jangan ragu, kita perbanyak amal ibadah kita dan semoga Ramadhan tahun ini dapat membawa manfaat yang sangat besar, perubahan yang sangat besar tidak hanya pada bulan ini namun juga pada bulan-bulan selanjutnya, Amin-amin ya rabbal alamin

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, wabillahitaufikwalhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
contoh pidato ceramah khotbah , contoh pidato ceramah khotbah singkat , contoh pidato ceramah atau khotbah , contoh pidato ceramah dan khutbah , contoh pidato khotbah , contoh pidato sunda judulnya donat akhirat