GARUDA robot pemadam kebakaran ciptaan indonesia

Mahasiswa telah menembus peradaban baru dalam dunia robotik yang di pelopori dengan terciptanya robot “GARUDA” yang merupakan hasil karya dari mahasiswa Universitas Indonesia, robot GARUDA tersebut merupakan robot pemadam api tanpa awak yang di kenalkan dalam ajang Kontes Robot Terbang Indonesia 2015.

Konter Robot terbang Indonesia atau KRTI 2015 tersebyt di selenggarakan karena di nilai tingginya angka kebakaran di hutan hutan di indonesia untuk mencari solusi pemadamannya , KRTI 2015 tersebut di adakan di Universitas Gajah Mada

“Tim Robot Terbang ‘Garuda’ UI berhasil meraih juara pertama pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2015. Selain tim Garuda, tim robot terbang ‘Athena’ juga berhasil meraih juara harapan pada kompetisi yang sama,” Kepala Kantor Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

berbeda dengan cara pemadaman konvensional melalui pesawat biasa, robot Garuda ini didesain untuk mampu menggantikan tugas manusia dalam pemadaman api sehingga tidak perlu mendekat ke titik api, melainkan terbang rendah ke titik api dan memadamkannya.

Rifelly mengatakan UI mengirim Tim Garuda dan Athena sebagai dua perwakilan pada KRTI 2015 divisi VTOL di bawah bimbingan dosen Fisika Fakultas Matematika dan IPA UI, Surya Darma, dan sukses menjalankan misi memadamkan api dengan keunikan masing-masing.