kumpulan destinasi wisata di jawa timur yang terindah dan paling bagus

Jawa Timur, provinsi yang berada di penghujung timur pulau jawa ini dikategorikan sebuah provinsi yang memiliki luas daerah melebihi luas pulau yang ada di pulau jawa, dan probinsi ini beribu kota di Surabaya atau kota pahlawan. Selain daerahnya yang luas, provinsi ini juga memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata atau destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan jika dibanding provinsi lainnya di pulau jawa, dan dapat dapat dikatakan provinsi ini memiliki tempat-tempat wisata paling banyak, baik wisata alam ataupun wisata dengan wahana buatan. Berikut beberapa tempat-tempat wisata di jawa timur yang wajib kita tahu.

  1. Gunung Bromo

Gunung Bromo termasuk salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dengan kawahnya, gunung ini paling banyak dikunjungi dibandingkan dengan gunung lainnya, tidak hanya daro wisatawan lokal, tetapi juga dari provinsi lain, bahkan wisatawan asing pun banyak yang berkunjung ke gunung ini. Gunung Bromo ini masih merupakan gunung aktif yang menempati 4 wilayah, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Para wisatawan baik domestik maupun mancanegara menjadi moment sunrise atau melihat matahari terbit, menjadi ikon dari kegiatan yang paling sering dilakukan di gunung ini, selain itu kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan adalah mendaki gunung, berkuda, dan berjalan melewati padang pasir Gunung Bromo.

  1. Jatim Park

Taman wisata yang terletak di kota batu jawa timur ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena selain wahana bermainya yang lengkap, taman ini merupakan sarana pembelajaran terbesar dan terlengkap. Taman wisata yang terletak sekitar 20 KM dari kota Malang ini memiliki lebih dari 36 wahana permainan yang berbeda, sehingga tak heran kalau taman yang satu ini menjadi ikon wisata di kota Malang. Selain itu taman ini juga pernah mendapat penghargaan juara pertama wisata buatan nasional oleh menteri pariwisata, dengan demikian tempat wisata yansatu ini tidak diragukan lagi keindahannya dapat dipastikan dapat memanjakan mata anda.

  1. Pantai Balekambang

Pantai yang berada di KM 45 dari kota Malang ini telah menjadi tempat wisata favorit bagi warga malang dan sekitarnya, bagaimana tidak, dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, warga yang berkunjung sudah dapat menikamati pemandangan pantai yang sangat indah, ditambah dengan pura yangberada di pulau kecil di atas batu karang menambah keindahan pantai ini. Ombak yang beras dan arusnya yang kuat menjadi karakter tersendiri bagi pantai Balekambang ini, karakteristik lain dari pantai ini adalah apabila anda pernah pergi berwisata ke Tanah Lot, Bali, Pantai Balekambang akan menggiring anda kepada suasana Tanah Lot di Bali. Demngan demikian pantai Balekambang pun dapat menjadi alternatif kunjungan anda.

  1. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan ini terletak di kaki Gunung Lawu, Jawa Timur, lokasinya yang masih sangat alami menjadikan telaga ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Danau ini terletak sekitar 16 KM dari kota Magetan, dan memiliki luas 30 hektar, serta kedalaman sekitar 28 meter. Fasilitas yang disediakan di lokasi ini sangatlah lengkap, seperti tempat penginapan, area bermain, maupun pusat perbelanjaan, semua tersedia di sini. Selain itu kegiatan yang paling sering dilakukan dan manjadi favorit adalah memancing dan berkuda. Dengan berkida ataupun jalan kaki anda dapat menuju ke atas gunung untuk mandi di air terjun dan menikmati makanan terkenal di sana yaitu sate kelinci. Dan ketika turun biasanya anda akan di hadang oleh para petani di sana agar membeli hasil pertanian mereka, seperti wortel dan sawi yang masih sangat segar.

  1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Tak kalah populernya dengan tempat wisata di Jawa Timur lainya adalah Pantai Pasir Putih Situbondo. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Situbondo, dan jika anda tempuh dari kota Surabaya akan memakan waktu sekita 4 jam perjalanan. Yang menjadi kefavoritan dari pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna putih terbentang, dan di kelilingi hamparan hutan yang sangat luas, hal ini senada dengan namanya yaitu Pantai Pasir Putih.

  1. Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak terletak di Desa Tulungrejo, lokasi ini sekitar 65 KM di sebelah timur Kota Malang, pantai ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan sekitar, namun belum terlalu banyak wisatawan dari luar daerah. Suasana di pantai ini sunyi dan tenang, meski demikian pantai ini termasuk pantai yang memiliki ombak yang besar dan arus yang kuat. Sebagaimana dijumpai di pantai yang lainnya, di pantai inipun yang menjadi kegiatan favorit dari masyarakat sekitar adalah memancing.

  1. Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo yang dulunya merupakan tempat┬ámandi-mandi “Dewi Sri” ini terletak di Kecamatan Pujon Kota Malang Jawa Timur, dan memiliki ketinggian sektiar 84 meter dan berada 1135 meter dpal. Air Terjun Coban Rondo hanya berjarak sekitar 25 KM dari kota Malang sehingga tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling populer bagi warga Malang dan sekitanya. Kecamatan Pujon sendiri masih termasuh daerah memiliki lingkungan alam yang asri dan masih terjag, sehingga tak heran tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

  1. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar ini berada sekitar 20 KM dari kota Batu. Fasilitas yang disediakan di tempat ini tidaklah semewah fasisiltas yang sering kita jumpai di tempat wisata lainnya, namun meskipun sederhana, fasilitas ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kita selama di lokasi. Sedang kan tempat pemandian yang disediakan meliputi berbagai macam ukuran, ada kolam kecil, kolam sedang dan kolam besar, disediakan pula kolam tertutup khusus untuk wanita, dan bahkan ada pula kolam di dalam kamar, kesemuanya airnya hangat yang bersumber dari panas bumi alias alami. Ketika selesai madi jangan lupa menikmati pula sajian kuliner yang ada, dan kuliner khasny adalah tape beras ketan hitam.

  1. Goa Maharani Lamongan

Goa Maharani Lamongan yang berlokasi di Kecamatan Paciran ini berada di seberang WBL, goa ini memiliki ukuran sekitar 2,500 meter persegi yang pertama kali ditemukan oleh penggali tanah. Goa Maharani Lamongan menawarkan wisata keindahan bawah tanah yang dipenuhi oleh stalaktit, stalakmit, dan batu-batuan unik. Selain itu anda akan dimanjakan dengan pemandagan berbagai hewan-hewan langka di tempat ini. Dan bagi anda yang belum pernah menuggang gajah, tempat ini cocok untuk anda yang ingin mencobanya.

  1. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru ini berada sekitar 30 KM di sebelah selatan kota Malang. Pantai Sendang Biru merupakan sebuah pantai indah dengan ombak yang tidak terlalu besar dan arus yang lebih tenang dari pantau lain di pesisir selatan Pulau Jawa. Ombak di pantai ini tidak telalu besar, bisa dikatakan hanya riak-riak saja, hal ini dikarenakan ombak terhalang oleh kepulauan sempu. Anda juga juga dapat berkunjung di pulau ini dengan naik perahu yang disediakan oleh para nelayan di Pantai Sendang Biru ini.

Demikianlah beberapa destinasi wisata di Provinsi Jawa Timur yang patut untuk anda kunjungi. Semoga bermanfaat.