Kopi Indonesia Memiliki Cita Rasa Istimewa di Mata Dunia

Indonesiaku tanah yang subur, memang tidak dipungkiri keberadaanya, jangan orang Indonesia asli, orang luar pun mengakuinya, pengakuan dari negara luar itu salah satunya melalui hasil tanaman yang dihasilkan dari tanah Indonesia yang tidak lain adalah hasil perkebunan biji kopi. Tidak kurang dari empat jenis kopi yang dihasilkan dari tanah Indinesia, mendapat pujian dari pelaku industri kopi Norwegia, pujian tersebut disebabkan karena memang biji kopi Indonesia memiliki cita rasa yang sangat tinggi dibandingkan dengan biji kopi dari negara-negara lain.

Jenisjenis kopi yang dimaksud yang mampu menggetarkan lidah publik Norwegia tersebut meliputi Arabica Java Preanger (GreenIndonesia), Arabica Mandailing (GreenIndonesia), Arabica Mt. Arjuna (Javaroma), dan Arabica Garut (Mahkota Jawa Coffee).

Sekretaris Pertama-Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Oslo, Hartyo Harkomoyo kepada Antara London, mengungkapkan bahwa cita rasa unik kopi hasil petani kecil di Indonesia itu diperkenalkan oleh KBRI Oslo dan Yayasan GreenIndonesia di kantor Norwegian Coffe Association (NCA).

Kopi tersebut merupakan kopi arabika jenis single origin hasil dari kebun petani kecil di Indonesia di bawah naungan Yayasan GreenIndonesia yang telah membantu Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat bawah.

Di posisi lain, Duta Besar RI untuk Norwegia di Oslo Yuwono A Putranto menyampaikan dalam acara prosmosi kopi nikmat ini, kopi asal Indonesia tersebut mendapat sambutan yang hangat dan spesial dari pelaku industri kopi di Norwegia.

Upaya memperkenalkan kopi asal Indonesia ini merupakan usaha mendongkrak daya ekspor kopi Indonesia ke negara Norwegia. Karena negara ini merupakan pasar kopi spesial yang di huni dengan sebagian besar penduduknya peminum kopi yang menduduki peringkat kedua sedunia. Tak heran jika pasar Norwegia selalu memburu kopi-kopi spesial dengan kualitas terbaik dari berbagai negara-negara di penjuru dunia, dan kita patut berbangga karena Indonesia mendapat tempat spesial di kancah pasar kopi di Norwegia, mudah-mudahan ini menjadi penghantar nama harum bangsa Indonesia di dunia.

NCA sebagai tuan rumah memberikan dukungan dengan menyediakan tempat, peralatan yang diperlukan mulai dari presentasi hingga proses coffee cupping juga menghadirkan wakil dari perusahaan/importir/coffee house papan atas Norwegia seperti COOP, Solberg & Hansen, Kaffebreniet, Pals dan DGB serta para pakar kopi lainnya.

Hasil dari coffee cupping yaitu persamaan pandangan tentang ke-khas-an rasa yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Hal semacam ini dinilai sebagai satu kemampuan/potensi besar untuk mengemas kopi Indonesia sebagai artisanal coffee di pasar Norwegia.

Chairman NCA Marit Lynes, mengaku tingkat hadirnya beberapa ahli kopi di Norwegia pada acara promosi kopi Indonesia ini semakin besar dari pameran kopi Brasil serta kopi Ethiopia.

Aspek terpentingnya yaitu sentimen kerinduan atas kopi Indonesia yang pernah pernah jadi salah satu raja di Norwegia, tetapi untuk sekarang ini pangsa pasarnya hanya mampu mencapai sekita 1% sementara kopi Vietnam sukses meraih sekitar 2 % pasar kopi Norwegia.

Wakil dari perusahaan Solberg dan Hansen serta ahli kopi Alf Kramer juga terketuk untuk memahami sekaligus menawarkan pendapat ahlinya dengan tujuan untuk meningkatkan persamaan kwalitas di dalam rasa serta penampilannya. Baca juga artikel tentangĀ kumpulan destinasi wisata di jawa timur yang terindah dan paling bagus