berbagai fakta menarik tentang kopi

Fakta Menarik Si Hitam Kopi Bagi Kesehatan

Fakta menarik si hitam kopi bagi kesehatan – Bagi penikmat (pecandu) kopi, secangkir kopi di pagi hari atau bersama dengan kudapan adalah hal yang menyenangkan. Menurut sejarah, kata kopi berasal dari bahasa Turki yaitu kahveh, setelah itu dalam bahasa Belanda dikenal sebagai kaffie, kemudian dalam bahasa Inggris disebut coffie. Di Indonesia menyebutnya sebagai kopi.

Dari berbagai catatan sejarah Pertama kali kopi ditemukan di Ethiopia, dalam bentuk tanaman liar. Saat pertengahan abad 15 di semenanjung Arab kopi dikembangkan, kemudian dikenal sebagai  Kopi Arabica. Menurut sejarah, penggembala kambing, dengan nama Kaldi menemukan tanaman kopi. Dilihiatnya saat kambingnya setelah memakan tanaman kopi, terlihat merasa gembira saat. Kemudian, Kaldi turut memakan biji kopi karena merasa penasaran, hal tersebut juga menyebabkan penggembala kambing menjadi berperasaan gembira. Kemudian, pada tahun 1610, kopi ditanam di India. Di Belanda mulai menanam tanaman ini pada tahun 1614. Pada tahun 1699, penjajah Belanda mengembangkan tanaman kopi di Srilangka dan tanah Jawa (Indonesia).

Berbagai Fakta Menarik Tentang Kopi

Di dalam kopi terkandung kafein, di dalamnya terdiri dari unsur senyawa kimia alkaloid dan dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Dalam kopi terdapat kandungan kafein sebesar, 1-1,5%, sementara kandungan kafein di dalam teh sebersarr, 1-4,8%. Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.

Berikut ini merupakan 7 hal menarik tentang kopi

  1. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Beruntunglah Anda sebagai penikmat kopi. Ada penelitian menyatakan, meminum kopi secara teratur dapat  mengurai  resiko penyakit Alzheimer.

  1. Terdapat antioksidan

Studi penelitian membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, dengan mengkonsumsi setiap harinya sebanyak satu atau dua cangkir kopi, sudah bermanfaat. Teh hitam bisa menjadi alternatif jika tidak suka meminum kopi.

  1. Meningkatkan gairah seks perempuan

Ini baru terbukti hanya pada tikus percobaan. Dari sebuah penelitian ilmuwan, untuk seseorang kopi  mampu meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

  1. Mengurangi rasa sakit

Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, dapat menghilangkan rasa sakit di otot setelah beraktivitas, demikian menurut sebuah studi kecil. Namun, hal tersebut hanya berlaku untuk  orang yang bukan terlalu  banyak kopi.

  1. Kafein mengurangi rasa kantuk

Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Namun, sebaiknya agar tidak meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

  1. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya

Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

  1. Kopi ditemukan oleh kambing

Pada satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekumpulan kambing tidak tidur selama semalam setelah mengkonsumsi biji kopi. Penggembala kemudian melihat penyebab hal tersebut terjadi dan menemukan penyebab dari kambing tersebut  adalah kopi. Semenjak saat itu manusia mulai mengkonsumsi kopi.